Jawab Keraguan, Produsen Vaksin Covid-19 Beberkan 135 Halaman Laporan Penelitian

Kompas.com - 19/09/2020, 09:18 WIB
Ilustrasi vaksin corona ShutterstockIlustrasi vaksin corona

KOMPAS.com - Dua perusahaan terdepan yang tengah berupaya mengembangkan vaksin Covid-19, Moderna dan Pfizer merilis detail atau road map tentang bagaimana mereka mengevaluasi vaksinnya.

Pengungkapan informasi ini dilakukan pada Kamis (17/9/2020) setelah tekanan publik muncul. 

Dengan merilis detail tersebut, kedua perusahaan berharap dapat memperoleh kepercayaan publik dan ilmuwan yang sebelumnya menuntut rincian studi dari vaksin yang dikembangkan.

Moderna dan Pfizer mengungkapkan detail bagaimana peserta uji coba vaksin dipilih dan diawasi.

Syarat uji coba dapat dihentikan lebih awal jika ada masalah, dan bukti yang akan digunakan peneliti untuk mengukur apakah orang yang diberi vaksin terlindungi dari Covid-19.

Biasanya, perusahaan akan membagikan dokumen atau informasi ini setelah penelitian selesai.

Pembukaan informasi ini bertujuan untuk membantah tuduhan yang tumbuh bahwa dorongan Presiden Trump untuk dapat memproduksi vaksin sebelum pemilihan umum tanggal 3 November justru menghasilkan produk yang tidak aman.

Baca juga: Update Covid-19 di Dunia 19 September: Rekor Kasus Harian di Perancis, 13.215 Terinfeksi

Detail pengembangan vaksin

Melansir New York Times, Kamis (!7/9/2020), penelitian Moderna melibatkan 30.000 peserta dan Pfizer sebanyak 44.000 peserta.

Informasi yang diungkap termasuk waktu yang dibutuhkan hingga dapat mengetahui apakah vaksin bekerja atau tidak, yaitu sampai tahun depan untuk Moderna.

Waktu tersebut tidak sesuai dengan prediksi optimis presiden yang menyebut bahwa vaksin dapat tersedia secara luas di publik pada Oktober.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X