[HOAKS] Blog dan Nomor Ponsel Catut Kepala BKN Bima Haria Wibisana

Kompas.com - 18/09/2020, 11:58 WIB
Blog palsu mengatasnamakan Kepala BKN, Bima Haria Wibisana. TwitterBlog palsu mengatasnamakan Kepala BKN, Bima Haria Wibisana.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar blog dan nomor telepon seluler yang mencatut nama Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana.

Di blog termuat foto dan data pribadi Kepala BKN. Sementara, pada nomor telepon terpasang foto Kepala BKN Bima Haria Wibisana sebagai profil WhatsApp.

BKN menegaskan blog dan nomor telepon tersebut palsu alias hoaks.

Blog palsu

Blog dengan alamat https://bimahariawibisana.blogspot.com/ berisi foto Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, dan data pribadi.

Data pribadi mengatasnamakan Bima Haria Wibisana itu mencakup tanggal lahir, agama, nomor telepon, nama pasangan dan anak, serta riwayat pendidikan.

Di dalamnya juga termuat enam tugas dan fungsi Kepala BKN. Berikut kutipan isi blog:

"Bima Haria Wibisana, resmi dilantik menjadi Kepala BKN pada 15 September 2015, salah satu karya Dr. Ir. Bima Haria Wibisana, MSIS yang masih terus digunakan untuk saat ini dan ke depan yakni sitem CAT CPNS."

Di akhir halaman blog, terdapat kotak kosong untuk mengisi alamat e-mail.

Nomor palsu mengatasnamakan Kepala BKN, Bima Haria Wibisana. Twitter Nomor palsu mengatasnamakan Kepala BKN, Bima Haria Wibisana.

Sementara, nomor telepon yang tertera di blog, yakni +6285322229925, memasang foto Bima Haria Wibisana pada profil WhatsApp.

Penjelasan BKN

Melalui akun Instagram bkngodiofficial, BKN menegaskan akun dan nomor telepon tersebut palsu.

"Kami berharap masyarakat dapat berhati-hati dan waspada terhadap segala bentuk penipuan atau upaya lain yang berpotensi merugikan masyarakat dari akun dan nomor telepon tersebut," tulis BKN, Kamis (17/9/2020).

Informasi tersebut juga disampaikan BKN dalam akun Twitter @BKNgoid dan akun Facebook Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X