Cegah Kecurangan Ujian Nasional, Pemerintah Aljazair Blokir Internet dan Media Sosial

Kompas.com - 17/09/2020, 19:37 WIB
Ilustrasi ujian Suneung di Korea Selatan. (AFP/Jung Yeon-Je) Ilustrasi ujian Suneung di Korea Selatan. (AFP/Jung Yeon-Je)

KOMPAS.com - Pemerintah Aljazair memblokir media sosial dan membatasi internet untuk meghindari kecurangan selama ujian nasional tingkat SMA yang dimulai sejak Minggu (13/9/2020).

Jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, dan WhatsApp tak dapat diakses, sementara internet di seluruh negeri mengalami gangguan.

Prosedur itu telah diterapkan di Aljazair selama lima tahun terakhir, setelah maraknya kebocoran soal ujian di interet.

Pemblokiran media sosial dan pembatasan internet ini pun membuat marah warga, terutama bagi para pekerja pemerintah yang bergantung pada layanan internet.

Dikutip dari al-Ain al-Akhbariyah, Selasa (15/9/2020), keputusan tegas Aljazair ini dikeluarkan akibat maraknya kasus kecurangan dalam ujian selama beberapa tahun terakhir.

Maraknya kecurangan ini disebut karena kurangnya kontrol pemerintah, sehingga membuat tingkat kelulusan di beberapa daerah mencapai 100 persen.

Baca juga: Virus Corona Mulai Masuk Aljazair, Bagaimana Kesiapan Afrika?

Selain memblokir media sosial, pemerintah juga menerapkan aturan baru yang mulai berlaku tahun ini.

Dalam aturan itu, siapa pun yang terbukti melakukan kecurangan akan mendapatkan hukuman penjara maksimal 15 tahun penjara dan denda hingga 1 juta dinar Aljazair atau 7.783 dollar AS.

Kementerian Pendidikan Aljazair mengungkapkan, pemberlakuan aturan itu untuk memastkan integritas ujian dan meminimalisir kecurangan.

Di antara aturan baru yang paling mencolok adalah Pasal 235 mengenai hukuman untuk menyontek ujian berupa penjara paling lama 3 tahun dan denda maksimal 300.000 dinar Aljazair atau 2.335 dollar AS.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X