Odading Mang Oleh Viral, Begini Sejarah Penamaannya

Kompas.com - 17/09/2020, 18:38 WIB
Odading dan Cakueh Mang Soleh (Oleh). KOMPAS.COM/PUTRA PRIMA PERDANAOdading dan Cakueh Mang Soleh (Oleh).

KOMPAS.com - Odading mendadak viral sejak video penjualnya bernama Mang Sholeh (Oleh) melakukan promosi dengan kata-kata kasar dan nyeleneh ditambah nada ngegas.

Kudapan khas Bandung tersebut semakin ramai diperbincangkan setelah video review kuliner yang dibuat artis Instagram Ade Londok viral di media sosial.

Dalam video yang viral tersebut, kalimat cukup nyeleneh adalah "Rasanya (setelah dimakan) seperti Anda menjadi Iron Man". Dalam video itu terselip juga beberapa kata-kata kasar yang juga diingat oleh masyarakat.

Efek positif dari video kentara terlihat dari ramainya pembeli odading dan cakueh yang mengantre untuk dilayani oleh lima orang anak Mang Oleh di belakang gerobak biru dan cokelat yang berlokasi di Jalan Baranangsiang, Kota Bandung, Jawa Barat.

Baca juga: Kue Keranjang Khas Imlek, Kisah Sejarah dan Maknanya...

Lantas, apa itu odading dan bagaimana sejarah penamaannya?

Sejarawan kuliner dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Fadly Rahman menjelaskan, bahwa odading adalah jenis kue atau kudapan dengan bahan-bahan sama halnya seperti donat.

Odading, lanjut Fadly, adalah jenis kue yang dibuat tanpa sengaja.

"Dan kebetulan mulai dikenalnya ini di Jawa Barat pada masa-masa kolonial, ketika tepung terigu saat itu jadi bahan makanan yang sangat digandrungi oleh masyarakat," kata Fadly saat dihubungi Kompas.com, Kamis (17/9/2020).

Baca juga: Tidur Kurang Nyenyak? Coba Konsumsi Makanan dan Minuman Ini!

Enak didengar dan sedikit lucu

Ketika itu, bahan-bahan dalam membuat odading yakni tepung terigu, dicampur dengan gula, telur kemudian diberi ragi.

Lebih lanjut, penamaan odading, kata Fadly muncul setelah terjadinya suatu peristiwa pada zaman Belanda dahulu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X