Ditemukan Tanda Kehidupan di Venus Mirip dengan di Bumi, Apa Itu?

Kompas.com - 16/09/2020, 19:36 WIB
Ilustrasi Planet Venus ShutterstockIlustrasi Planet Venus

KOMPAS.com - Hingga saat ini, satu-satunya planet di tata surya yang diketahui dapat ditinggali oleh makhluk hidup adalah Bumi.

Di luar itu, belum diketahui secara pasti apakah ada planet lain yang memungkinkan untuk ditinggali.

Salah satu planet yang kerap disebut akan menjadi Bumi masa depan adalah Mars.

Namun kali ini, Venus, planet kedua terdekat dengan Matahari, disebut-sebut menyimpan potensi kehidupan. 

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: NASA Ungkap Keberadaan Air di Mars

Gas mirip di bumi

Dilansir dari Science Mag, ternyata ada gas yang teramati di lapisan atmosfer Venus. Gas itu juga terdapat di Bumi, dan dihasilkan oleh mikroba-mikroba tertentu.

Terbaru, studi dari Jane S Greaves dari Universitas Cardiff, Inggris, dan rekan yang dipublikasikan di jurnal Nature Astronomy, Senin (14/9/2020), menyebutkan gas ini ditemukan pada ketinggian 50-60 kilometer di atas permukaan Venus.

Di bagian ini, suhunya telah turun hingga mencapai 20-30 derajat celsius. Sementara ini dugaan mengarah pada adanya potensi tanda-tanda kehidupan di planet tetangga itu.

Namun jika bukan, maka gas itu hanya tercipta dari proses kimia tidak biasa yang belum dipahami oleh manusia.

Salah satu ahli astrobiologi dari Westminster University, Lewis Dartnell, menyebut gas itu terlihat jauh lebih pekat daripada yang bisa dijelaskan dengan metode yang diketahui.

Gas ini berupa fosfin yang pertama kali teramati pada Juni 2017 oleh tim peneliti menggunakan teleskop radio James Clerk Maxwell Telescope di Hawaii, Amerika Serikat, kemudian dikonfirmasi pada Maret 2019 menggunakan teleskop. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X