Surplus, Kuba Kirim Dokter ke Penjuru Dunia, Hampir ke 40 Negara

Kompas.com - 15/09/2020, 17:30 WIB
Ilustrasi dokter ipopbaIlustrasi dokter

KOMPAS.com - Saat banyak negara mengalami kesulitan karena kekurangan tenaga medis untuk menghadapi wabah Covid-19, Kuba justru mampu mengirimkan dokter ke berbagai penjuru dunia.

Dilansir Reuters, Senin (14/9/2020), hampir 40 negara di lima benua telah menerima tenaga medis Kuba selama pandemi. Hal itu karena mereka telah melampaui bobotnya dalam diplomasi medis.

Pulau di Karibia itu memiliki sumber daya langka, yaitu surplus dokter yang terlatih untuk ditempatkan di luar negeri dan memerangi penyakit menular.

Kuba bersedia mengirim para dokternya ke seluruh dunia, ke negara-negara yang meminta bantuan.

"Saat kalangan ilmiah dan medis meraba-raba dalam kegelapan, pengobatan Kuba, yang kuat dari pengalaman masa lalu, memberikan jawaban yang tepat," kata kepala kerja sama di Kementerian Luar Negeri Togo, Charles Azilan.

Baca juga: IDI: 115 Dokter Meninggal karena Covid-19, Kematian Tertinggi di Asia

Rasio dokter per kapita tertinggi

Kuba sudah membagi-bagikan dokternya sejak lama, yaitu sejak revolusi sayap kiri pada 1959. Mereka mengirimkan "tentara jas putih" ke lokasi bencana dan wabah penyakit di seluruh dunia atas nama solidaritas.

Dalam dekade terakhir, mereka telah memerangi kolera di Haiti dan ebola di Afrika Barat.

Kuba memiliki salah satu rasio dokter per kapita tertinggi di dunia, bahkan sebelum pandemi Covid-19 dimulai.

Ada sekitar 28.000 tenaga medis yang dikerahkan secara global. Sejak saat itu mereka telah mengirimkan 4.000 lagi.

Namun, bukan berarti brigade-nya murni altruistik (mementingkan orang lain tanpa memperhatikan diri sendiri).

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X