86 Persen Dokter di Inggris Meyakini Puncak Kedua Pandemi Akan Terjadi

Kompas.com - 14/09/2020, 17:34 WIB
Ilustrasi virus corona, gejala virus corona, gejala Covid-19, pasien virus corona Shutterstock/PetovargaIlustrasi virus corona, gejala virus corona, gejala Covid-19, pasien virus corona

KOMPAS.com - Hampir 86 persen dokter di Inggris memperkirakan puncak kedua dari pandemi virus corona dalam enam bulan ke depan.

Kesimpulan ini diperoleh dari sebuah survei baru yang dilaksanakan di tengah kasus-kasus Covid-19 yang kembali mengalami peningkatan.

Hari Minggu (13/9/2020), menjadi hari ketiga di mana secara berturut-turut kasus yang dilaporkan di Inggris melewati angka 3.000 kasus.

Angka ini menjadi yang tertinggi sejak Mei, dengan rekor sebelumnya sebanyak 2.837 kasus harian baru.

Kapasitas tes memang telah ditingkatkan dalam beberapa bulan terakhir. Namun, menurut para ahli, hal tersebut tidak dapat menjelaskan seluruh lonjakan kasus yang terjadi baru-baru ini.

Dalam sebuah polling atau jajak pendapat, British Medical Association (BMA) bertanya pada lebih dari 8.000 dokter dan mahasiswa kesehatan di Inggris tentang kekhawatiran utama mereka, mulai dari puncak kedua hingga kelelahan dan tekanan yang dialami.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: WHO Catat Rekor Baru Peningkatan Kasus Harian Corona secara Global

Hasil jajak pendapat

Melansir hasil jajak pendapat BMA, hampir 30 persen memilih puncak kedua sebagai kekhawatiran pertamanya.

Secara keseluruhan, 86 persen responden mengatakan, mereka yakin akan terjadinya puncak kedua virus corona dalam enam bulan ke depan.

Saat diberi pertanyaan tentang jenis-jenis faktor yang mungkin menjadi penyebab puncak kedua, hampir 90 persen setuju bahwa kegagalan sistem tes dan trace adalah salah satu yang meningkatkan risiko.

Selain itu, kurangnya langkah pengendalian infeksi di tempat-tempat seperti bar dan restoran.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.