[HOAKS] Surat Pengangkatan CPNS Pemkab Sampang

Kompas.com - 14/09/2020, 14:46 WIB
Surat palsu penetapan CPNS  mengatasnamakan Badan Kepegawaian Negara. TwitterSurat palsu penetapan CPNS mengatasnamakan Badan Kepegawaian Negara.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Masa penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang tengah berlangsung saat ini berpotensi dimanfaatkan oknum tertentu untuk kepentingannya.

Hal ini menimpa peserta CPNS dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), lembaga pemerintah yang menyelenggarakan manajemen aparatur sipil negara (ASN).

Beredar surat pengangkatan CPNS untuk ditempatkan di unit kerja Pemkab Sampang, Jawa Timur. Surat itu dilengkapi kop surat Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan ditandatangani Kepala BKN, Bima Haria Wibisana.

BKN menegaskan surat itu bukan produk BKN.

Surat Palsu

BKN mengatakan telah beredar surat palsu berisi keputusan pengangkatan CPNS di Kabupaten Sampang.

Surat tersebut menampilkan nama, NIP, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, dan pendidikan peserta CPNS dan penetapannya menjadi CPNS dengan masa percobaan.

Peserta tersebut diterima di unit kerja Kementerian Kesehatan Pemkab Sampang. Tertera juga gaji yang akan diterimanya, yakni Rp 1,87 juta, ditambah penghasilan lain yang sah terhitung mulai 1 Oktober 2020.

Surat tersebut ditetapkan di Jakarta, 10 September 2020, dan ditandatangani Kepala BKN, Bima Haria Wibisana.

BKN menyatakan surat tersebut bukan produk BKN. Dalam akun resmi BKN di Twitter, @BKNgoid, BKN mengatakan ditilik dari sudut pandang manapun, surat keputusan (SK) tersebut bukan produk BKN dan jelas palsu.

"Tidak bosan Mimin mengingatkan @SobatBKN se-Tanah Air agar berhati-hati terhadap oknum yang mencari keuntungan dengan cara-cara yang tidak bertanggungjawab," tulis akun @SobatBKN, Sabtu (12/9/2020).

Sanggahan BKN juga termuat di akun Facebook Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X