Ramai soal Larangan Memotret di Stasiun dengan Kamera DSLR, Ini Penjelasan PT KAI

Kompas.com - 13/09/2020, 19:02 WIB
Ilustrasi dilarang memotret Shutterstock/Maksym DrozdIlustrasi dilarang memotret

KOMPAS.com - Sebuah video yang merekam sesorang yang hendak mengambil gambar di salah satu stasiun tetapi dilarang oleh petugas keamanan, ramai di media sosial.

Unggahan tersebut dibagikan oleh akun Twitter @Naufal_Elnadi pada Jumat (11/9/2020) sekitar pukul 07.51 WIB.

Dalam unggahan berdurasi 22 detik tersebut, terlihat seseorang yang hendak mengambil foto menggunakan kamera Digital Single Lens Reflex ( DSLR), dilarang oleh petugas keamanan stasiun.

Tangkapan layar video sesorang yang tidak diizinkan mengambil foto di stasiun dengan kamera DSLR.twitter/@Naufal_Elnadi Tangkapan layar video sesorang yang tidak diizinkan mengambil foto di stasiun dengan kamera DSLR.

Petugas keamanan stasiun tersebut mengimbau kepada orang tersebut untuk memotret menggunakan kamera telepon, tidak dengan kamera DSLR.

"Permasalahan mengenai larangan foto2 distasiun untuk hobby seakan tidak pernah selesai. Mungkin pihak pusat memperbolehkan, tapi nyatanya kejadian di lapangan seperti ini. Lantas bagaimana hal ini dapat selesai dengan baik?" tulis akun Twitter @Naufal_Elnadi.

Hingga Minggu (13/9/2020) sore, unggahan tersebut telah dilihat lebih dari 10.000 kali dan disukai lebih dari 150 kali.

Baca juga: Viral Video Prank Call Mirip Suara Presiden Jokowi, Ini Cerita di Balik Pembuatannya

Bagaimana sebenarnya aturan pengambilan gambar atau memotret foto yang dilakukan di stasiun?

Penjelasan PT KAI

Kompas.com menghubungi Vice President Public Relations PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Joni Martinus untuk mengonfirmasi hal ini.

Menurut Joni, hal itu terjadi karena ada miskomunikasi.

Ia mengatakan, akan terus menyosialisasikan hal tersebut kepada petugas PT KAI di lapangan, agar kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X