Saat Makan di Restoran Disebut Tingkatkan Risiko Penularan Covid-19...

Kompas.com - 13/09/2020, 17:05 WIB

KOMPAS.com - Studi terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menemukan fakta bahwa ada kemungkinan terjadinya penularan Covid-19 saat makan di restoran.

Dilansir ABC News, studi tersebut memeriksa paparan kontak dekat yang berkontribusi terhadap penyebaran virus.

Hasilnya, ditemukan bahwa orang dewasa yang dites positif Covid-19 dua kali lebih mungkin melaporkan makan di restoran dalam jangka 14 hari sebelum dinyatakan terinfeksi, dibandingkan dengan mereka yang dites negatif.

Baca juga: Update Vaksin Covid-19 di Seluruh Dunia, dari Rusia hingga Inggris

Dr Kiva Fisher, penulis utama studi tersebut, yang mengamati pasien rawat jalan bergejala dari 11 fasilitas perawatan kesehatan AS, mengatakan bahwa aktivitas yang menyulitkan untuk memakai masker dan mempertahankan jarak sosial, seperti makan di restoran, mungkin menjadi faktor risiko Covid-19.

Fisher menyarankan agar pelanggan dan staf restoran menerapkan langkah-langkah perlindungan untuk mengurangi potensi paparan COVID-19 selama makan dan minum di restoran.

Langkah tersebut antara lain:

  • Mendorong staf yang sakit untuk tinggal di rumah
  • Mengharuskan staf sering mencuci tangan
  • Mewajibkan pemakaian masker, dan
  • Menawarkan opsi layanan delivery

"Penting juga bagi pelanggan untuk mengambil langkah pencegahan saat makan di luar rumah, seperti memakai masker saat tidak makan atau minum, berjarak setidaknya dua meter dari orang lain dan sering mencuci tangan," kata Fisher.

Baca juga: Masih Perlukah Masker Saat Memakai Face Shield?

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.