Hari Ini dalam Sejarah: Gempa Yapen, Papua 8,1 M, 16.500 Warga Kehilangan Rumah

Kompas.com - 12/09/2020, 09:20 WIB
Arsip Harian Kompas berita gempa Yapen, Papua 12 September 1979 Litbang KompasArsip Harian Kompas berita gempa Yapen, Papua 12 September 1979

KOMPAS.com - Gempa dahsyat mengguncang kabupaten Yapen-Waropen, Irian Jaya (sekarang kabupaten Kepulauan Yapen, provinsi Papua) pada pada 12 September 1979. 

Gempa yang terjadi 41 tahun lalu itu dilaporkan hingga berkekuatan 8,1 magnitudo.

Diketahui, gempa terjadi pada pukul 14.19 WIT dan terjadi kembali gempa susulan pada 13 September 1979 pukul 04.00 WIT.

Sebanyak 14.500 penduduk di Kabupaten Yapen Waropen dan 2.000 warga kota Serui kehilangan tempat tinggal.

Gempa kuat ini mengakibatkan sejumlah kerusakan, seperti lumpuhnya saluran komunikasi dan listrik.

Baca juga: Gempa Papua Berkekuatan M 6,1 Dipicu oleh Sesar Anjak Mamberamo

Guncangan gempa

Sebelum terjadi gempa, masyarakat di Kecamatan Yapen Timur masih berada di kebun, sebagian masih beristirahat di rumah setelah menyelesaikan tugas mencari ikan di luat.

Beberapa penduduk setempat ada yang tengah menyaingi rumput di kebun dan aktivitas lainnya.

Dilansir dari Harian Kompas, (14/9/1979), seorang anggota DPRD Yapen Waropen, D Heipon mengungkapkan bahwa gempa tersebut menimbulkan kerusakan hebat.

Pada guncangan pertama, semua penduduk setempat langsung keluar rumah dan berpegangan pada sesuatu yang stabil agar tidak terguncang akibat kuatnya kekuatan gempa.

Dilaporkan juga, gedung-gedung mulai ambruk, tanah retak, gedung DPRD hancur, bangunan gereja alami kerusakan berat, dan sejumlah rumah penduduk roboh.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X