WHO: Penundaan Uji Coba Vaksin Covid-19 AstraZeneca Menjadi Suatu "Peringatan"

Kompas.com - 11/09/2020, 10:05 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Do. Shutterstock) Ilustrasi vaksin Covid-19. (Do. Shutterstock)
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) memberikan respons terkait keputusan AstraZeneca yang menunda uji coba fase tiga dari vaksin Covid-19 yang dikembangkannya.

WHO menyampaikan, penundaan uji coba fase tiga vaksin Covid-19 eksperimental untuk alasan keamanan merupakan pengingat bahwa pengembangan vaksin tak selalu cepat dan berjalan lurus.

Perusahaan AstraZeneca yang bekerja sama dengan Universitas Oxford menahan pengujian tahap tiga pada manusia karena salah satu peserta mengalami gejala neurologis.

Baca juga: WHO Tegaskan Vaksin Covid-19 Tak Akan Tersedia Sebelum Akhir 2021

Menurut pihak perusahaan, penundaan ini menjadi tindakan yang selalu dilakukan ketika terdapat penyakit yang tidak dapat dijelaskan dan tengah diselidiki.

Chief Scientist WHO Dr Soumya Swaminathan menambahkan, tidak perlu terlalu berkecil hati dan putus asa. Hal-hal seperti ini dapat terjadi dalam pengembangan vaksin.

"Ini adalah seruan untuk menyadari bahwa ada pasang surut dalam perkembangan klinis dan kita harus bersiap. Tidak perlu putus asa. Hal ini terjadi," ujar Swaminathan seperti dikutip dari Reuters, Kamis (10/9/2020),

Baca juga: Saat WHO Peringatkan tentang Bahaya Nasionalisme Vaksin...

Disebut paling menjanjikan

Sejauh ini, vaksin yang dikembangkan AstraZeneca dan Universitas Oxford menjadi yang paling menjanjikan di antara lainnya.

Melansir CNBC Internasional, Swaminathan menambahkan, keamanan menjadi hal utama dan yang terpenting dalam uji klinis apa pun.

"Kalau efek sampingnya ringan, ada yang harus dilakukan. Jika besar seperti dalam kasus ini, itu kejadian yang parah, dan karena itu dihentikan. Ini prosedur yang normal. Ini adalah praktik klinis yang baik karena keamanan adalah prioritas tertinggi dalam uji klinis apa pun," kata dia.

Baca juga: Update Vaksin Covid-19 di Seluruh Dunia, dari Rusia hingga Inggris

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X