Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Terima Kasih, Pak Jakob

Kompas.com - 10/09/2020, 11:35 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

PENDIRI Kompas Gramedia dan pemimpin umum harian Kompas Jakob Utama telah meninggalkan dunia fana.

Saya tidak dapat melupakan kemurahan hati Pak Jakob yang telah berkenan menulis kata pengantar bagi buku kumpulan tulisan saya yang dimuat oleh harian Kompas dihimpun ke dalam buku “Naskah-Naskah Kompas” yang diterbitkan Elex Media Komputindo dari grup penerbit Gramedia pada tahun 2009.

Adalah Pak Jakob yang menyemangati saya untuk belajar menulis minimal satu naskah setiap hari.

Sebagai pemimpin umum harian Kompas, jasa Pak Jakob dalam bidang pers menyebabkan beliau sangat layak disebut sebagai Bapak Pers Nasional.

Dengan harian Kompas, Pak Jakob juga menyediakan lahan penyemaian bagi para tokoh penulis berita kemanusiaan seperti Maria Hartiningsih dan tokoh fotografer berita seperti Arbain Rambey di samping juga para tokoh kartunis nasional seperti GM Sudarta dan Dwie Koen.

Para tokoh sastrawan nasional ditumbuh-kembangkan melalui rubrik sastra di harian Kompas.

Para bintang teater, film, sinetron, humor dan para tokoh olahragawan internasional juga dibesarkan nama mereka oleh pemberitaan harian Kompas.

Tulisan-tulisan wartawan Senior Kompas, DR Ninok Leksono berjasa besar dalam mendukung pelestarian dan pengembangan wayang orang dan ketoprak.

Buku-buku sastra, Iptek, komputer sampai komik merupakan para primadona produksi kelompok penerbit Gramedia yang dipasarkan melalui jaringan toko buku dan alat-alat tulis Gramedia.

Kompas TV merupakan stasiun televisi terkemuka di persada Nusantara masa kini. Bahkan grup perhotelan seperti Santika, Amaris, Kampi tersebar ke segenap pelosok Nusantara.

Jelas bahwa jasa-jasa Pak Jakob terasa bukan hanya di bidang pers tetapi juga di bidang percetakan, penerbitan, retailer, manufacturing, perhotelan yang membuka lapangan kerja bagi puluhan ribu kepala keluarga di Indonesia.

Maka kita semua wajib menyampaikan ucapan terima kasih atas segenap mahakarsa dan mahakarya yang telah dipersembahkan oleh Pak Jakob kepada negara, bangsa dan rakyat Indonesia!

Terima kasih, Pak Jakob!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.