Menilik Bagaimana CDC Menentukan Tingkat Risiko Kesehatan untuk Peringatan Perjalanan Warga AS

Kompas.com - 09/09/2020, 19:30 WIB
Tangkapan layar situs resmi CDC yang mengeluarkan peringatan bagi warga AS yang hendak berpergian ke Indonesia. CDC.govTangkapan layar situs resmi CDC yang mengeluarkan peringatan bagi warga AS yang hendak berpergian ke Indonesia.

KOMPAS.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit ( CDC) di AS mengumumkan bahwa Indonesia telah berada pada level/tingkat 3 sebagai negara yang berisiko menularkan Covid-19 bagi warga AS.

Oleh karena itu, peringatan ini dikeluarkan agar warga AS menghindari berpergian ke Indonesia, kecuali untuk kepentingan yang mendesak.

Tujuan lain dari dikeluarkannya peringatan ini adalah CDC menganggap jika ada warganya yang terinfeksi Covid-19 di Indonesia, layanan kesehatan yang dapat diakses oleh mereka akan sangat terbatas.

Baca juga: Memahami PCR dan Rapid Test pada Hasil Lab Covid-19, Seperti Apa?

Di luar itu, bagaimana CDC menentukan tingkat risiko kesehatan untuk perjalanan di tengah pandemi ini?

Melansir dari situs resmi CDC (25/8/2020), mereka menggunakan Travel Health Notices (THNs) untuk memberi tahu pelancong dan audiens lain tentang ancaman kesehatan di seluruh dunia.

Pada 27 Maret 2020, CDC mem-posting Pemberitahuan Pandemi Covid-19 Global Level 3.

Pemberitahuan itu menyarankan para pelancong dari Amerika Serikat untuk menghindari semua perjalanan yang tidak penting ke negara asing dan Wilayah AS di seluruh dunia.

Baca juga: WHO Tegaskan Vaksin Covid-19 Tak Akan Tersedia Sebelum Akhir 2021

Pada 6 Agustus 2020, CDC mengganti pemberitahuan perjalanan global dengan THN Covid-19 khusus tujuan.

Selain itu, CDC juga menggunakan peta dunia interaktif (rekomendasi perjalanan Covid-19 berdasarkan tujuan) untuk membagikan rekomendasi perjalanan Covid-19.

Pada peta ini, negara asing dan wilayah AS ditampilkan sebagai level 3 (risiko tinggi), level 2 (risiko sedang), level 1 (risiko rendah), atau tanpa THN (risiko sangat rendah).

Peta tersebut juga mengidentifikasi tujuan di mana pihak CDC tidak dapat membuat penentuan risiko, dikarenakan tidak ada data yang tersedia.

Baca juga: Sederet Kepala Daerah di Indonesia yang Positif Covid-19

Kriteria yang digunakan untuk menentukan tingkat risiko

Diketahui, CDC mendasarkan tingkat risiko Covid-19 untuk negara asing dan wilayah AS pada dua set data yakni kriteria primer dan kriteria sekunder.

Untuk kritera primer yakni terkait tingkat transmisi virus pada wilayah yang dituju.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X