Upaya Pegiat Literasi Digital Gencarkan Kampanye Penggunaan Masker

Kompas.com - 09/09/2020, 06:30 WIB
Ilustrasi Pixabay/CoyotIlustrasi

KOMPAS.com - Jaringan Pegiat Literasi Digital ( Japelidi) tengah gencar mengampanyekan penggunaan masker yang tepat via media sosial.

Nantinya, kampanye diperluas ke medium suara yang akan disiarkan lewat stasiun radio.

Koordinator Nasional Japelidi, Novi Kurnia, mengatakan akan ada enam konten kampanye penggunaan masker yang diproduksi Japelidi. Saat ini sudah tiga konten dibuat dan diunggah di akun Instagram Japelidi.

"Kami melihat bahwa ada beberapa kasus penggunaan masker yang tidak tepat. Ada yang menggunakannya sampai ke dagu, dan sebagainya. Isi kampanye kami yakni menggunakan masker dengan benar. Kami pun sudah konsultasi dengan dokter soal ini," kata Novi kepada Kompas.com, Selasa (8/9/2020).

Konten kampanye pertama soal penggunaan masker dengan benar, diunggah pada 29 Juli. Konten selanjutnya berisi soal wajib mencuci masker kain. Konten ketiga mengenai aman dan gaya menggunakan masker kain.

Novi mengatakan konten berikutnya yang akan dipublikasikan yakni penggunaan masker dalam konteks menjaga kebersihan dan penggunaan masker di restoran.

"Konten masker dengan konteks menjaga kebersihan nyaris final. Isinya nanti soal cara yang benar mengistirahatkan masker seperti ditaruh di mana, ditutup kain atau tisu, dan sebagainya," ujar Novi.

Kampanye wajib cuci masker kain-JapelidiInstagram Kampanye wajib cuci masker kain-Japelidi

Kampanye Audio

Selain dalam bentuk digital, Japelidi berencana mengampanyekan penggunaan masker via audio.

"Kita sedang mengusahakan alih bahasa ke konten audio, dalam versi pendek dan panjang. Topiknya masih soal masker. Jadi, konten digital masker akan disambungkan dengan konten audio," tutur Novi.

Nantinya, Japelidi akan bekerja sama dengan stasiun radio dan radio komunitas di Indonesia untuk menyebarluaskan kampanye penggunaan masker.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X