Akhiri Aksi Mogok, Ribuan Dokter di Korea Selatan Kembali Bekerja

Kompas.com - 08/09/2020, 20:00 WIB
Ilustrasi dokter millionsjokerIlustrasi dokter

KOMPAS.com - Ribuan dokter magang di Korea Selatan kembali bekerja pada Selasa (8/9/2020).

Hal itu mengakhiri aksi mogok selama lebih dari dua minggu saat negara melaporkan peningkatan kasus baru hingga tiga digit setiap harinya.

Melansir Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC), ada 136 kasus baru pada Senin (8/9/2020) tengah malam.

Sebelumnya, jumlah total kasus harian telah menurun sejak mencapai puncaknya, yaitu sebanyak 441 kasus bulan lalu setelah pemerintah memberlakukan peraturan social distancing.

Saat itu, kebijakan ini diberlakukan untuk menekan gelombang kedua wabah dari klaster-klaster gereja ataupun demonstrasi politik.

Upaya-upaya untuk menahan penyebaran pandemi lebih luas menjadi semakin rumit setelah dilakukannya aksi mogok 16.000 intern dan dokter residen pada 21 Agustus lalu. 

Aksi ini dilakukan sebagai wujud perlawanan atas usulan reformasi medis yang digagas oleh pemerintah.

Baca juga: Kasus Virus Corona dan Akhir Mogok Kerja Dokter di Korea Selatan...

Sebagian masih mogok

Para dokter magang mulai bekerja kembali setelah setuju untuk mengakhiri aksi mogok pada Senin (8/9/2020), meskipun banyak mahasiswa kedokteran yang melanjutkan aksinya untuk menolak ujian perizinan akhir sebagai bagian dari protes.

Padahal, pada dokter ini merupakan garda terdepan dari pelayanan kesehatan di ruangan-ruangan darurat maupun layanan pelayanan intensif.

Rumah sakit pun bergulat dengan penundaan dan gangguan di tengah peningkatan konstan yang terjadi pada pasien Covid-19.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X