Kompas.com - 07/09/2020, 17:30 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona

KOMPAS.com - Virus corona penyebab penyakit Covid-19 diketahui berbahaya apabila menginfeksi pasien dengan usia lanjut atau memiliki penyakit bawaan atau komorbid.

 

Sebab mayoritas kematian pada pasien Covid-19 berhubungan dengan pasien yang memiliki riwayat penyakit penyerta. 

Sebelumnya Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyebutkan, 94 persen kasus kematian terjadi pada pasien yang terinfeksi virus, diikuti dengan sejumlah penyakit penyerta atau kondisi kesehatan bawaan (komorbid).

Sementara sisanya, sekitar 6 persen kematian benar-benar disebabkan oleh virus corona SARS-CoV-2.

CDC mencantumkan beberapa penyakit penyerta yang mendasari kematian pasien Covid-19 seperti influenza dan pneumonia, kegagalan bernapas, hipertensi, diabetes, demensia vaskular, gagal jantung dan gagal ginjal. 

Baca juga: Mayoritas Kematian Pasien Covid-19 karena Komorbid, Apa Saja yang Harus Diwaspadai?

Risiko tinggi

Menurut epidemiolog Indonesia di Griffith University Australia Dicky Budiman, data global maupun nasional menunjukkan bahwa komorbid yang banyak ditemukan pada pasien Covid-19 tidak jauh berbeda.

Beberapa penyakit penyerta tersebut antara lain obesitas, penyakit jantung, hipertensi, penyakit paru-paru, penyakit ginjal, hingga penyakit yang menyerang hati.

"Ini menjadi faktor komorbid yang ditemukan pada pasien Covid-19," kata Dicky saat dihubungi Kompas.com, Senin (7/9/2020).

Ia menegaskan, komorbid atau penyakit penyerta dapat berbahaya dan masuk dalam kelompok risiko tinggi.

Misalnya pada orang obesitas atau kegemukan, lanjut Dicky, mempunyai dua risiko sekaligus yakni risiko lebih mudah terinfeksi dan lebih mudah jatuh dalam kondisi berat atau kritis kemudian meninggal dunia.

"Karena ini berkaitan dengan respons tubuhnya," ujar dia.

Baca juga: Smartwatch Bisa Cek Oksigen Darah untuk Deteksi Happy Hipoxia, Akuratkah?

Penurunan distribusi oksigen

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X