[KLARIFIKASI] Aturan Ganjil Genap Masih Berlaku di Jakarta

Kompas.com - 07/09/2020, 14:56 WIB
Ilustrasi klarifikasi KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMOIlustrasi klarifikasi
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Sebuah akun di Facebook mengunggah gambar tangkapan layar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berkaitan dengan pencabutan kebijakan ganjil genap.

Foto itu diunggah pada Sabtu (5/9/2020).

Foto tangkapan layar itu merupakan foto tayangan breaking news sebuah stasiun televisi swasta, dengan tulisan bahwa ganjil genap ditiadakan mulai Senin.

Informasi yang tercantum pada foto yang dibagikan menjadi misinformasi bahwa aturan ganjil genap di Ibu Kota sudah dicabut.

Gambar yang diunggah akun tersebut merupakan tangkapan layar pada Maret 2020, bukan menggambarkan kondisi saat ini. 

Kebijakan ganjil genap masih berlaku di Ibu Kota hingga hari ini, Senin (7/9/2020).

Narasi yang Beredar

Akun Facebook William Hui pada Sabtu (5/9/2020) mengunggah gambar tangkapan layar yang menunjukkan wajah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Pada tangkapan layar itu terlihat nama media televisi TVOne.

Dari keterangan tangkapan layar, berita video itu diambil di Balai Kota Jakarta dan bertuliskan "Ganjil Genap Ditiadakan Mulai Senin".

Tangkapan layar unggahan Facebook foto tayangan televisi soal pernyataan Anies. Informasi yang ada pada tangkapan layar foto ini menjadi misinformasi bahwa kebijakan ganjil genap telah dicabut. Hingga 7 September 2020, ganjil genap masih berlaku di Ibu Kota.Facebook Tangkapan layar unggahan Facebook foto tayangan televisi soal pernyataan Anies. Informasi yang ada pada tangkapan layar foto ini menjadi misinformasi bahwa kebijakan ganjil genap telah dicabut. Hingga 7 September 2020, ganjil genap masih berlaku di Ibu Kota.
Hingga Senin (7/9/2020), unggahan tersebut sudah dibagikan 5 kali, dan dikomentari para pengguna Facebook lainnya.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X