Simak, Ini Jadwal Hari Tanpa Bayangan September-Oktober di Seluruh Indonesia

Kompas.com - 06/09/2020, 11:30 WIB
ilustrasi bayangan pixabay.comilustrasi bayangan

KOMPAS.com – Beberapa wilayah di Indonesia pada Setember hingga Oktober 2020 ini akan mengalami Kulminasi Matahari atau yang kerap disebut dengan "hari tanpa bayangan".

Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Emanuel Sungging menyampaikan Kulminasi Matahari, dalam setahun biasa terjadi sebanyak dua kali.

“Kulminasi Matahari itu maksudnya sesaat ketika Matahari tepat di atas kepala sehingga saat itu seolah-olah tidak ada bayangan yang terbentuk,” kata Sungging saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (5/9/2020).

Baca juga: 18 Fenomena Antariksa pada September 2020, Apa Saja?

Pihaknya menjelaskan, Kulminasi Matahari terjadi akibat bumi yang berputar mengitari matahari memiliki sumbu rotasi yang bergeser sekitar 23 derajat.

Adapun lama "hari tanpa bayangan" ini, menurut Sungging hanya akan terjadi sebentar.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Paling hanya semenit,” kata dia.

Baca juga: Cara Sederhana Membuat Kacamata Matahari untuk Melihat Gerhana

Munculnya "hari tanpa bayangan" ini dirinya menjelaskan tidak akan menimbulkan bencana apa pun.

“Tidak ada dampak khusus,” tuturnya.

Sementara itu, mengutip dari laman Pusat Sains Lapan, hari tanpa bayangan terjadi dua kali dalam setahun untuk kota-kota yang terletak di antara Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan.

Sementara untuk kota-kota yang terletak tepat di garis Balik Utara dan Selatan akan mengalami hari tanpa bayangan hanya sekali (21/22 Juni maupun 21/22 Desember).

Baca juga: 5 Fakta Unik Hari Tanpa Bayangan yang akan terjadi di Indonesia

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X