Kapan Doraemon Lahir dan Mengapa Berwarna Biru?

Kompas.com - 05/09/2020, 09:05 WIB
Doraemon DoraemonDoraemon

KOMPAS.com - Nama Doraemon tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Tahukah Anda berapa usianya sekarang?

Dilansir Japantimes, Sabtu (1/2/2020), Doraemon datang dari masa depan dan dilahirkan pada 3 September 2112. Akan tetapi serial Doraemon pertama kali muncul pada 1970.

Sekitar tahun 1970 adalah saat munculnya era teknologi. Gadget dan peralatan mulai bermunculan.

Baca juga: Sejarah Munculnya Donal Bebek dan Debut Perdananya di Dunia Film...

Pemerintah Tokyo menggambarkan periode tersebut sebagai masa mekanisasi, karena kala itu banyak inovasi teknologi dan pengenalan industri baru.

Saat itu menjadi awal produksi massal serat sintetis dan peralatan listrik rumah tangga seperti televisi, lemari es, dan mesin cuci. Akibatnya, kehidupan sehari-hari penduduk Tokyo mengalami transformasi besar.

Doraemon adalah cerminan dari modernitas tersebut.

Baca juga: Selain SpongeBob, Ini 13 Program yang Disanksi KPI

Ribuan alat rahasia

Anda bisa mengajak anak-anak mampir ke AEON Mal Tangerang Selatan menjumpai Doraemon di ajang Doraemon Pop City.Dok AEON Mal Anda bisa mengajak anak-anak mampir ke AEON Mal Tangerang Selatan menjumpai Doraemon di ajang Doraemon Pop City.

Dia tidak diberkahi dengan kekuatan super, tapi mampu menghasilkan banyak item perbaikan cepat.

Menurut mantan profesor di Universitas Toyama, Yasuyuki Yokohama, Doraemon memiliki 1.963 himitsu dogu atau alat rahasia.

Tetapi alat Doraemon dari masa depan sering menjadi bumerang. Tidak mudah menghadapi masalah, kadang justru menjadi masalah baru.

Baca juga: Jadi Trending di Twitter, Berikut 5 Fakta Seputar Film Tilik

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X