Militer Lebanon Temukan 4,35 Ton Amonium Nitrat di Dekat Lokasi Ledakan Beirut

Kompas.com - 04/09/2020, 10:56 WIB
Situasi di Beirut usai terjadi ledakan besar di gudang amonium nitrat, Rabu (5/8/2020). EPA/WAEL HAMZEH via BBC INDONESIASituasi di Beirut usai terjadi ledakan besar di gudang amonium nitrat, Rabu (5/8/2020).
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Militer Lebanon menemukan sebanyak 4,35 ton amonium nitrat tak jauh dari lokasi ledakan dahsyat di Pelabuhan Beirut, Lebanon.

Melansir Al Jazeera, lebih dari 4 ton bahan kimia berbahaya yang ditemukan ini disimpan dalam empat kontainer di dekat pintu masuk pelabuhan.

Belum diketahui pasti mengenai asal amonium nitrat tersebut maupun pemiliknya.

Sebelumnya, pada Agustus lalu, hampir 3.000 ton amonium nitrat menyebabkan ledakan dahsyat di Kota Beirut.

Ledakan kala itu menewaskan 191 orang, ribuan orang luka-luka, dan hampir 300.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Ledakan dahsyat yang terjadi bulan lalu diduga dipicu oleh ribuan ton amonium nitrat yang tersimpan selama enam tahun.

Baca juga: Amonium Nitrat Sebabkan Ledakan Lebanon, Negara Mana yang Masih Menyimpan?

Melansir nbcnews, ahli militer dipanggil untuk memeriksa penemuan amonium nitrat yang ditemukan di dekat lokasi ledakan dahsyat bulan lalu tersebut.

Disebutkan, kontainer-kontainer yang berisi amonium nitrat itu telah dipindahkan dan disimpan dengan aman di lokasi yang jauh dari pelabuhan.

Penduduk Lebanon merasa khawatir akan adanya lebih banyak amonium nitrat tersimpan. Sebab, mereka mengetahui risiko dari bahan kimia tersebut.

Beberapa hari setelah ledakan hebat pada 4 Agustus, pihak berwenang meminta ahli kimia Prancis dan Italia hingga FBI untuk mengambil bagian dalam penyelidikan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X