Melihat Cara Timor Leste Hadapi Corona, Tak Seburuk Perekonomiannya

Kompas.com - 03/09/2020, 20:04 WIB
Pengendara motor melintas di depan mural tentang pandemi virus corona atau COVID-19 di Jalan Raya Jakarta-Bogor, Depok, Jawa Barat, Jumar (3/4/2020). Mural tersebut ditujukan sebagai bentuk dukungan kepada tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi COVID-19 di Indonesia. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/prasPengendara motor melintas di depan mural tentang pandemi virus corona atau COVID-19 di Jalan Raya Jakarta-Bogor, Depok, Jawa Barat, Jumar (3/4/2020). Mural tersebut ditujukan sebagai bentuk dukungan kepada tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi COVID-19 di Indonesia.

KOMPAS.com - Setelah 21 tahun lepas dari Indonesia, Timor Leste (yang dulunya dikenal dengan Timor Timur) juga menghadapi situasi pandemi Covid-19.

Tidak seperti Indonesia, menurut Worldometers, negara berpenduduk 1.322.667 tersebut hanya mencatatkan 27 kasus Covid-19 hingga Kamis (3/9/2020).

Sementara itu Indonesia melaporkan ribuan kasus harian setiap harinya.

Baca juga: Perjalanan Kasus Virus Corona di Indonesia...

 

Terbaru, pada Kamis (3/9/2020) dilaporkan 3.622 kasus baru sehingga jumlahnya menjadi 184.268 kasus Covid-19.

Dari jumlah tersebut terdapat 7.750 orang meninggal. Sedangkan di Timor Leste tidak ada kasus meninggal.

Justru sebanyak 25 orang sudah dinyatakan sembuh dan saat ini masih ada 2 kasus aktif. Kasus pertama di Timor Leste dilaporkan pada 21 Maret 2020

Baca juga: Sempat Trending, Berikut 5 Fakta soal Timor Leste

Bagaimana penanganan Covid-19 dan kondisi Timor Leste yang menghadapi pandemi?

Dilansir UCA News, Selasa (25/9/2020), menjelang akhir Juni, Timor Leste telah berhasil mengakhiri keadaan darurat dan menyatakan menang melawan Covid-19.

Meskipun Timor Leste termasuk negara miskin dengan sistem kesehatan yang lemah, tapi mereka bergerak cepat menjelang akhir Maret dengan memberlakukan keadaan darurat Covid-19.

Aturan yang diberlakukan lebih ketat daripada kebanyakan negara bagian Australia.

Baca juga: Memprediksi Kapan Pandemi Covid-19 di Indonesia Akan Berakhir...

Mereka mengadopsi langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah penyakit, mengatasi pandemi, menyelamatkan nyawa, dan memastikan rantai pasokan barang serta jasa.

Bahkan jika mungkin mereka membatasi beberapa hak dan kebebasan fundamental.

Menurut sekelompok akademisi dari Universitas Melbourne, pada awal Maret pemerintah Timor Leste menutup perbatasannya.

Baca juga: WNI Dilarang Masuk Malaysia Mulai Pekan Depan, Benarkah karena Corona?

Paket bantuan

Keceriaan pengunjung menyaksikan atraksi panggung pada acara Pesona Indonesia 2019 di Oecusse, Timor Leste, Sabtu (30/3/2019).
FLO PATTIPEILOHY Keceriaan pengunjung menyaksikan atraksi panggung pada acara Pesona Indonesia 2019 di Oecusse, Timor Leste, Sabtu (30/3/2019).

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X