Lebih Menular, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui soal Mutasi SARS-CoV-2 di Indonesia

Kompas.com - 03/09/2020, 11:48 WIB
Ilustrasi virus corona, gejala virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona, gejala virus corona

KOMPAS.com - Hasil penelitian terbaru menemukan adanya strain virus corona yang lebih menular di Indonesia.

Strain itu jenis mutasi D614G, mutasi SARS-CoV-2 yang disebut 10 kali lebih menular dibandingkan dengan jenis virus corona yang ditemukan di Wuhan, China.

Jenis mutasi ini menghasilkan lebih banyak salinan virus pada saluran pernapasan dan menyebar lebih cepat.

Sejak Maret 2020

Kelompok Penelitian Virus Corona dan Formulasi Vaksin dan Professor Nidom Foundation (PNF) telah menganalisis data sekuens genom virus secara menyeluruh.

Hasilnya, tim menemukan bahwa penyebaran virus corona jenis D614G sudah ada sejak awal Maret 2020, yaitu laporan pertama kasus Covid-19 di Indonesia.

"Mutasi D614G sudah ada sejak awal virus (corona) itu di Indonesia, sejak Maret 2020. Perkiraan saya, sekarang lebih banyak lagi," kata Prof Chairul Anwar Nidom yang merupakan ketua tim riset, dikutip dari Kompas.com, 29 Agustus 2020.

Senada dengan Nidom, Wakil Direktur Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman Herawati Sudoyo juga menyebutkan, mutasi virus D614G yang menular ada di Indonesia.

Menurut dia, mutasi virus ini ditemukan dalam data sekuensing genom dari sampel yang dikumpulkan oleh LBM Eijkman.

Dia mengatakan, perlu lebih banyak penelitian untuk menyelidiki apakah mutasi ini berperan dalam peningkatan kasus beberapa waktu terakhir di Indonesia.

Baca juga: Kata Peneliti UGM soal Temuan Mutasi SARS-CoV-2 dan Tingginya Kasus di DIY dan Jateng

Tak pengaruhi keparahan pasien

Ilustrasi virus corona, Covid-19Shutterstock Ilustrasi virus corona, Covid-19
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, jenis mutasi tersebut tidak memengaruhi tingkat keparahan pasien.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X