Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Vietnam Sukses Kendalikan Gelombang Kedua Virus Corona

Kompas.com - 03/09/2020, 09:30 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vietnam kembali menunjukkan kesigapannya dalam mengendalikan gelombang kedua virus corona.

Hari ini, Kamis (3/9/2020), negara itu tidak melaporkan tambahan kasus baru Covid-19 untuk ketiga kalinya dalam lima hari terakhir.

Mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan Vietnam, kasus kematian di Vietnam juga telah menurun dengan nol kasus selama tiga hari berturut-turut.

Sejauh ini, Vietnam telah melaporkan 1.046 kasus infeksi dengan 34 kematian dan 746 pasien dinyatakan sembuh.

Kasus harian tertinggi pada gelombang kedua dilaporkan pada 31 Juli 2020 dengan 82 pasien.

Kementerian Kesehatan telah menyatakan bahwa wabah terbesar di Da Nang, Quang Nam dan Hai Duong telah dikendalikan, tetapi risiko penularan komunitas masih sangat tinggi.

Baca juga: Vietnam Laporkan Kematian Ketiga, Ini Negara ASEAN yang Masih Nol Kematian Covid-19

Tes komunitas

Kepala Departemen Kesehatan Da Nang, Ngo Thi Kim Yen, mengatakan, pemerintah akan melakukan tes pada setiap perwakilan keluarga untuk melacak Covid-19 yang tak terdeteksi di masyarakat.

Dalam 4-5 hari mendatang, puskesmas dan unit medis distrik akan melakukan tes yang mewakili 30 persen dari total jumlah rumah tangga di Da Nang atau setara dengan 60.000 rumah tangga.

Mereka adalah kelompok yang belum pernah diuji sejak awal musim pandemi.

Setiap rumah tangga akan mengirimkan perwakilannya untuk diuji. Jika hasil tes diduga positif, rumah tangga tersebut akan dikategorikan dan segera dikarantina oleh petugas kesehatan untuk diuji bagi setiap anggotanya.

Menurut Yen, tes komunitas berskala besar ini membantu pemerintah Da Nang untuk menilai tingkat risiko penyakit secara komprehensif.

Dengan kapasitas tim medis saat ini yang langsung mengambil sampel sekitar 14.000 sampel per hari, diharapkan pengujian di seluruh masyarakat akan selesai dalam 5 hari.

Baca juga: Setelah 6 Bulan, Vietnam Umumkan 2 Korban Meninggal karena Corona

Kawasan Isolasi Medis

Seorang pelayan mengenakan masker saat menyajikan roti burger bertema Virus Corona di Restoran Pizza Home, di Hanoi, Vietnam, 26 Maret 2020.AFP/MANAN VATSYAYANA Seorang pelayan mengenakan masker saat menyajikan roti burger bertema Virus Corona di Restoran Pizza Home, di Hanoi, Vietnam, 26 Maret 2020.
Saat kasus baru ditemukan di Desa Khay, Distrik Gia Loc, Komite Rakyat Provinsi Hai Duong langsung mengeluarkan keputusan untuk mendirikan kawasan isolasi medis.

Tak tanggung-tanggung, waktu penutupan lokasi tersebut berlangsung hingga 28 hari.

Pemerintah menginstruksikan komite rakyat setempat untuk segera mengatur titik-titik pengawasan dan melaksanakan pemantauan selama 24 jam.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com