Lagi, Vietnam Sukses Kendalikan Gelombang Kedua Virus Corona

Kompas.com - 03/09/2020, 09:30 WIB
Aktivitas warga Vietnam evgenii mitroshin / Shutterstock.comAktivitas warga Vietnam

KOMPAS.com - Vietnam kembali menunjukkan kesigapannya dalam mengendalikan gelombang kedua virus corona.

Hari ini, Kamis (3/9/2020), negara itu tidak melaporkan tambahan kasus baru Covid-19 untuk ketiga kalinya dalam lima hari terakhir.

Mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan Vietnam, kasus kematian di Vietnam juga telah menurun dengan nol kasus selama tiga hari berturut-turut.

Sejauh ini, Vietnam telah melaporkan 1.046 kasus infeksi dengan 34 kematian dan 746 pasien dinyatakan sembuh.

Kasus harian tertinggi pada gelombang kedua dilaporkan pada 31 Juli 2020 dengan 82 pasien.

Kementerian Kesehatan telah menyatakan bahwa wabah terbesar di Da Nang, Quang Nam dan Hai Duong telah dikendalikan, tetapi risiko penularan komunitas masih sangat tinggi.

Baca juga: Vietnam Laporkan Kematian Ketiga, Ini Negara ASEAN yang Masih Nol Kematian Covid-19

Tes komunitas

Kepala Departemen Kesehatan Da Nang, Ngo Thi Kim Yen, mengatakan, pemerintah akan melakukan tes pada setiap perwakilan keluarga untuk melacak Covid-19 yang tak terdeteksi di masyarakat.

Dalam 4-5 hari mendatang, puskesmas dan unit medis distrik akan melakukan tes yang mewakili 30 persen dari total jumlah rumah tangga di Da Nang atau setara dengan 60.000 rumah tangga.

Mereka adalah kelompok yang belum pernah diuji sejak awal musim pandemi.

Setiap rumah tangga akan mengirimkan perwakilannya untuk diuji. Jika hasil tes diduga positif, rumah tangga tersebut akan dikategorikan dan segera dikarantina oleh petugas kesehatan untuk diuji bagi setiap anggotanya.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X