Mutasi Virus SARS-CoV-2 Ada di Indonesia, 3 di Antaranya di DIY-Jateng

Kompas.com - 03/09/2020, 06:05 WIB
Hasil analisis tim Professor Nidom Foundation (PNF) terkait mutasi virus corona di Indonesia. Dari data tersebut, jenis virus D614G yang dapat menular 10 kali lebih cepat dibanding jenis lain juga ada di Indonesia sejak Maret 2020. Professor Nidom Foundation (PNF)/Prof Chairul Anwar NidomHasil analisis tim Professor Nidom Foundation (PNF) terkait mutasi virus corona di Indonesia. Dari data tersebut, jenis virus D614G yang dapat menular 10 kali lebih cepat dibanding jenis lain juga ada di Indonesia sejak Maret 2020.

KOMPAS.com - Penelitian terkait virus corona terus dilakukan sejumlah peneliti di Indonesia di berbagai tempat. Dalam prosesnya mereka menemukan adanya mutasi virus corona.

Penelitian tersebut, salah satunya dilakukan oleh Tim Pokja Genetik FK-KMK UGM yang meneliti wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Mereka berhasil mengidentifikasi Whole Genome Sequencing (WGS) empat isolat dari Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Hasilnya pun telah dipublikasikan di GISAID.

Baca juga: WHO Tegaskan Vaksin Covid-19 Tak Akan Tersedia Sebelum Akhir 2021

Ketua Pokja Genetik FKKMK UGM, dr. Gunadi menjelaskan saat ini timnya baru meneliti empat sampel.

"Sampel kami baru empat yang berhasil dianalisis full genom-nya. Dari 4 itu 3 di antaranya mengandung mutasi D614G," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (2/8/2020).

Sebanyak 3 di antaranya yang mengandung mutasi D614G ditemukan di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Baca juga: Perjalanan Kasus Virus Corona di Indonesia...

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X