Malam Ini, Bisa Saksikan Bulan Purnama Langka Full Corn Moon

Kompas.com - 02/09/2020, 15:05 WIB
Penampakan bulan purnama Strawberry Moon saat berlangsung gerhana bulan penumbra, terlihat di atas langit Jakarta, Sabtu (6/6/2020) dini hari. Dua fenomena langit, bulan purnama strawberry dan gerhana bulan penumbra, yang jarang terjadi bersamaan ini bisa terlihat di sebagian besar Eropa, Afrika, Asia, Australia, Samudera Hindia, dan Australia. AFP/BAY ISMOYOPenampakan bulan purnama Strawberry Moon saat berlangsung gerhana bulan penumbra, terlihat di atas langit Jakarta, Sabtu (6/6/2020) dini hari. Dua fenomena langit, bulan purnama strawberry dan gerhana bulan penumbra, yang jarang terjadi bersamaan ini bisa terlihat di sebagian besar Eropa, Afrika, Asia, Australia, Samudera Hindia, dan Australia.

KOMPAS.com - Dini hari tadi, Rabu (2/9/2020), langit dihiasi dengan kemunculan bulan berukuran penuh atau kita kenal sebagai bulan purnama.

Hal ini sebagaimana disebutkan Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional ( Lapan) melalui akun Instagram @pussainsa_lapan.

Disebukan, puncak purnama terjadi pukul 12.21.58 WIB dan dapat disaksikan di arah timur-tenggara hingga barat-barat daya.

Jarak geosentrisnya adalah 399.299 kilometer, diameter sudut 29.5 menit busur dan terletak pada konstelasi Akuarius.

Purnama ini menjadi fenomena astronomi pertama yang teramati di pekan pertama September 2020.

Baca juga: Fenomena Langit September 2020: Retrograde Mars hingga Equinox

Malam ini

Meski puncaknya sudah terjadi dini hari tadi, purnama juga disebut masih bisa disaksikan malam nanti.

Informasi ini disampaikan oleh Peneliti dari Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan), Emanuel Sungging Mumpuni.

"Dini hari tadi (puncaknya),  tapi malam ini masih tampak bulat penuh. Bulan purnama (masih terjadi) malam ini," kata Sungging saat dihubungi Rabu (2/9/2020) siang.

Sungging menyebut masyarakat sudah bisa mulai menyaksikan bulan dengan bentuk bulat sempurna ini mulai petang nanti.

"Hari ini terbit sekitar pukul 18.00 WIB," sebutnya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X