Anak-anak di Indramayu Jadi Korban Serangan Tomcat, Bagaimana Cara Penanganannya?

Kompas.com - 02/09/2020, 13:53 WIB
Ilustrasi semut Charlie alias tomcat. Wikimedia CommonsIlustrasi semut Charlie alias tomcat.

KOMPAS.com- Ribuan tomcat disebut menyerang warga Pabean Udik, Indramayu, Jawa Barat sejak sepekan terakhir, tepatnya mulai Kamis (27/8/2020).

Tak hanya menyerang orang dewasa, tomcat juga menyerang anak-anak dan menggigit di bagian mata serta mulut.

Serangan tomcat ini membuat puluhan anak mengalami luka dan bengkak yang terasa panas dan perih jika tersentuh.

Salah satu warga Pabean Udik, Indramayu, Rantinih (20) mengaku tidak tahu penyebab munculnya ribuan tomcat di lingkungannya.

Diketahui, Dinas Kesehatan Indramayu tengah melakukan pengecekan dan mendata para korban gigitan tomcat.

Baca juga: Tidak Memejamkan Mata, Bagaimana Cara Ikan Tidur?

Lantas, seberapa bahayakah tomcat dan bagaimana penanganan yang tepat?

Staf Pengajar Bagian Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)/RSUD Prof Dr Margono Soekarjo, Ismiralda Oke Putranti mengatakan bahwa tomcat atau kumbang penjelajah merupakan jenis serangga yang sering menimbulkan iritasi pada kulit.

"Serangga ini tidak menggigit, namun mengeluarkan cairan tubuh (racun) yang bersifat iritan pada kulit apabila serangga tersebut tergencet atau tidak sengaja tertekan," ujar Oke saat dihubungi Kompas.com, Rabu (2/9/2020).

Ia menambahkan, paparan cairan ini dapat secara langsug maupun tidak langsung (akibat gesekan tangan, baju, handuk atau alat-alat lain yang tercemar) dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

Tetapi, gejala dan tanda ini baru akan muncul setelah beberapa jam pasca-terkena cairan serangga tersebut.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X