CDC: 94 Persen Kematian Covid-19 Terjadi pada Pasien Komorbid, Ini Datanya

Kompas.com - 31/08/2020, 18:20 WIB
Ilustrasi pasien Covid-19, angka kasus Covid-19 Amerika Serikat. SHUTTERSTOCK/GorodenkoffIlustrasi pasien Covid-19, angka kasus Covid-19 Amerika Serikat.

KOMPAS.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat merilis data terbaru terkait kasus kematian pasien virus corona Covid-19 yang terjadi di wilayahnya.

Data ini menggambarkan banyaknya orang di AS yang meninggal akibat Covid-19 dengan penyakit yang berkontribusi pada kasus kematian.

Menurut laporan CDC ini, sekitar 6 persen kematian benar-benar disebabkan oleh virus corona SARS-CoV-2.

Sementara, 94 persen kasus kematian terjadi pada pasien yang terinfeksi virus, diikuti dengan sejumlah penyakit penyerta atau kondisi kesehatan bawaan. 

CDC mencantumkan beberapa kondisi medis teratas yang mendasari kematian pasien Covid-19 seperti berikut:

  • Influenza dan pneumonia
  • Kegagalan bernapas
  • Penyakit hipertensi
  • Diabetes
  • Demensia vaskular dan tidak spesifik
  • Gagal jantung
  • Gagal ginjal
  • Keracunan

Baca juga: BPOM AS Izinkan Penggunaan Plasma Darah untuk Pengobatan Covid-19

Dikutip dari wfla.com, CDC menjelaskan bahwa data ini menggunakan jumlah kematian sementara untuk memberikan gambaran paling lengkap dan akurat tentang kasus kematian akibat Covid-19.

Angka-angka tersebut didasarkan pada laporan kematian dari sumber data paling andal.

Kematian yang dilaporkan berisi informasi mencakup kondisi komorbiditas, tempat kematian, serta ras dan etnis.

CDC mengungkapkan, jumlah kematian sementara tersebut mungkin tidak sesuai dengan sumber lain, seperti angka dari departemen kesehatan daerah.

Hal tersebut dikarenakan laporan kematian membutuhkan waktu untuk diselesaikan, di mana negara bagian melaporkannya pada tingkat yang berbeda.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X