Hari Ini dalam Sejarah: Putri Diana Meninggal Dunia dalam Kecelakaan di Paris

Kompas.com - 31/08/2020, 09:10 WIB
Putri Diana SHUTTERSTOCKPutri Diana

KOMPAS.com - Hari ini 23 tahun yang lalu, tepatnya 31 Agustus 1997, Putri Diana dari Wales, meninggal dunia setelah mengalami sebuah kecelakaan mobil di Paris.

Saat itu, Putri Diana berusia 36 tahun. 

Setelah kecelakaan itu, Diana dibawa ke rumah sakit di mana para ahli bedah berusaha untuk menyelamatkan nyawanya selama dua jam.

Namun, ia akhirnya dinyatakan meninggal dunia. 

Melansir BBC, kecelakaan tersebut terjadi setelah Putri Diana meninggalkan Hotel Ritz di Ibu Kota Perancis bersama Dodi Al Fayed, anak dari pemilik Harrods, Mohammed Al Fayed.

Dalam kecelakaan itu, Dodi Al Fayed juga meninggal dunia.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Majalah Time Dihukum Rp 1 Triliun atas Pencemaran Nama Baik Soeharto

Kronologi

Seorang pegawai balai lelang Christie memegang foto mendiang Putri Diana dari Inggris, yang diambil oleh Mario Testino (1997) di tempat lelang di London, Rabu (19/5/2010). Foto ini dihargai 18.000 poundsterling sampai 22.000 poundsterling atau senilai sekitar Rp 300 jutaan.Alastair Grant (Arsip Kompas) Seorang pegawai balai lelang Christie memegang foto mendiang Putri Diana dari Inggris, yang diambil oleh Mario Testino (1997) di tempat lelang di London, Rabu (19/5/2010). Foto ini dihargai 18.000 poundsterling sampai 22.000 poundsterling atau senilai sekitar Rp 300 jutaan.
Sebelumnya, Diana dan Dodi yang tengah berlibur ke French Riviera tiba di Paris pada hari sebelumnya.

Mereka meninggalkan Hotel Ritz, Paris, setelah tengah malam, menuju apartemen Dodi di Arsène Houssaye.

Namun, mengutip History, beberapa saat setelah pergi dari hotel, segerombolan paparazzi yang mengendarai sepeda motor membuntuti mobil mereka secara agresif.

Tiga menit kemudian, pengemudi mobil Putri Diana kehilangan kendali dan menabrak pilar di pintu masuk Pont de l'Alma.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X