INFOGRAFIK: Profil Shinzo Abe, PM Jepang yang Mengundurkan Diri

Kompas.com - 29/08/2020, 18:45 WIB
Shinzo Abe Mundur Sebagai Perdana Menteri Jepang KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoShinzo Abe Mundur Sebagai Perdana Menteri Jepang

KOMPAS.com - Shinzo Abe resmi mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri (PM) Jepang pada Jumat (28/8/2020).

Diberitakan Kompas.com (28/8/2020), ia mengundurkan diri karena sakit radang usus besar atau kolitis ulseratif kronis yang sudah dialaminya sejak remaja.

Pada Juni lalu, penyakit kronis itu kembali menyerang Abe. Pengobatan yang diterimanya saat ini mengharuskan pria berusia 65 tahun itu fokus terhadap perawatan kesehatannya.

Baca juga: Mengenal Hokkaido, Provinsi Bersalju yang Menjadi Sarang Virus Corona di Jepang

Seperti apa perjalanan karier Shinzo Abe?

Melansir Britannica, Abe lahir pada 21 September 1954 di Tokyo. Ia menjabat sebagai PM selama dua periode, 2006-2007, dan 2012.

Ia berasal dari keluarga politik terkemuka.

Kakeknya, Kishi Nobusuke, menjabat sebagai PM Jepang dari tahun 1957 hingga 1960, begitu pula pamannya, memegang jabatan yang sama dari tahun 1964 hingga 1972.

Baca juga: Profil Shinzo Abe, PM Jepang yang Mengundurkan Diri

Selengkapnya soal profil Shinzo Abe dapat disimak di infografik berikut!

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Shinzo Abe Mundur Sebagai Perdana Menteri Jepang

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X