Perjalanan Karier Chadwick Boseman, dari Broadway hingga Wakanda

Kompas.com - 29/08/2020, 14:04 WIB
Aktor Chadwick Boseman berpose saat tiba di karpet merah Academy Awards ke-90 di Dolby Theatre, Los Angeles, California, AS, Minggu (4/3/2018) waktu setempat. Sebanyak 24 kategori akan memperebutkan Piala Oscar pada malam penghargaan bagi insan perfilman Hollywood yang dipandu oleh Jimmy Kimmel ini. AFP PHOTO/VALERIE MACONAktor Chadwick Boseman berpose saat tiba di karpet merah Academy Awards ke-90 di Dolby Theatre, Los Angeles, California, AS, Minggu (4/3/2018) waktu setempat. Sebanyak 24 kategori akan memperebutkan Piala Oscar pada malam penghargaan bagi insan perfilman Hollywood yang dipandu oleh Jimmy Kimmel ini.

KOMPAS.com - Aktor pemeran Black Panther, Chadwick Boseman, meninggal dunia pada Jumat (28/8/2020) malam waktu setempat di rumahnya di Los Angeles.

Menurut keluarga, penyebab kematian Boseman adalah karena kanker usus yang dideritanya.

Kabar kepergian Boseman pun meninggalkan duka yang besar bagi para penggemar dan penikmat karya-karyanya.

Baca juga: Mengenang Kurt Cobain, Ikon Musik Rock Modern

Berbagai tagar yang membahas soal kepergiannya ramai diperbincangkan di media sosial dan menjadi trending topic, seperti " Wakanda Forever", "Chadwick Boseman", "Black Panther", "King T'Challa, "RIP King", dan masih banyak lagi. 

Jutaan tweet dari para pengguna Twitter disampaikan untuk mengungkapkan duka atas kepergian Boseman.

Baca juga: Drummer Rush, Neil Peart Meninggal karena Penyakit Glioblastoma, Apa Itu?

Awal karier

Aktor kelahiran 29 November 1976 ini merupakan lulusan dari Howard University, yaitu di bidang penyutradaraan.

Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya di British American Drama Academy di Oxford, Inggris.

Setelah kembali ke AS, ia lulus dari Digital Film Academy New York. 

Baca juga: Jadi Trending di Twitter, Berikut 5 Fakta Seputar Film Tilik

Boseman pun tinggal di Brooklyn saat memulai kariernya, yaitu sebagai pelatih drama di Schomburg Junior Scholars Program. 

Boseman juga tampil dalam sejumlah produksi, termasuk BreatheRomeo and Juliet, Bootleg Blues, Zooman, dan Willie's Cut and Shine.

Ia memenangkan AUDELCO Award atas perannya dalam Urban Transistions: Loose Blossoms tahun 2002.

Selain itu, Boseman juga bekerja sebagai bagian dari Hip Hop Theatre Festival dan telah menulis sejumlah drama seperti Hieroglyphic Graffiti, Deep Azure, dan Rhyme Deffered.

Ia juga menyutradarai sejumlah produksi dan film pendek Blood Over a Broken Pawn.

Baca juga: Piala Oscar 2020, Berikut Deretan Film dengan Koleksi Piala Terbanyak

Mulai tampil di layar kaca

Sutradara Black Panther, Ryan Coogler (kiri), berpose bareng aktor Chadwick Boseman di pemutaran perdana di Eropa film Black Panther di London, Inggris, pada 8 Februari 2018.AFP PHOTO/TOLGA AKMEN Sutradara Black Panther, Ryan Coogler (kiri), berpose bareng aktor Chadwick Boseman di pemutaran perdana di Eropa film Black Panther di London, Inggris, pada 8 Februari 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X