Mengenal Kanker Usus, Penyebab Kematian Aktor Black Panther Chadwick Boseman

Kompas.com - 29/08/2020, 11:11 WIB
Aktor Chadwick Boseman berpose saat tiba di karpet merah Academy Awards ke-90 di Dolby Theatre, Los Angeles, California, AS, Minggu (4/3/2018) waktu setempat. Sebanyak 24 kategori akan memperebutkan Piala Oscar pada malam penghargaan bagi insan perfilman Hollywood yang dipandu oleh Jimmy Kimmel ini. AFP PHOTO/VALERIE MACONAktor Chadwick Boseman berpose saat tiba di karpet merah Academy Awards ke-90 di Dolby Theatre, Los Angeles, California, AS, Minggu (4/3/2018) waktu setempat. Sebanyak 24 kategori akan memperebutkan Piala Oscar pada malam penghargaan bagi insan perfilman Hollywood yang dipandu oleh Jimmy Kimmel ini.

KOMPAS.com - Aktor Chadwick Boseman, yang dkenal sebagai superhero Black Panther di semesta sinematik Marvel, meninggal pada Jumat (28/8/2020) karena kanker.

Di media sosial Twitter, sejumlah tagar seperti Chadwick Boseman, wakanda forever, civil war, avenger, dan Jackie Robinson menjadi trending

Melansir ABC News, Sabtu (29/8/2020), Boseman meninggal dalam usia 43 tahun karena penyakit kanker yang dideritanya.

Juru bicara Nicki Fioravante mengatakan kepada AP, Boseman meninggal di rumahnya di daerah Los Angeles. Dia didampingi istri dan keluarganya pada saat-saat terakhirnya.

Dalam sebuah pernyataan, keluarganya juga mengatakan bahwa Boseman didiagnosis menderita kanker usus besar empat tahun lalu.

Baca juga: Chadwick Boseman Black Panther Meninggal karena Kanker Usus

“Dia adalah seorang pejuang sejati, Chadwick bertahan melalui itu semua, dan menghadirkan banyak film yang sangat Anda sukai,” kata keluarganya.

“Dari Marshall hingga Da 5 Bloods, August Wilson's Ma Rainey’s Black Bottom dan beberapa lainnya, semuanya difilmkan selama, dan di antara banyak operasi juga kemoterapi. Merupakan kehormatan dalam kariernya untuk memerankan sosok Raja T’Challa di Black Panther," kata keluarganya.

Boseman sendiri tidak pernah berbicara secara terbuka tentang diagnosis kanker usus yang dideritanya.

Kanker usus besar

Melansir Healthline, Sabtu (29/8/2020), kanker usus besar (kolorektal) adalah kanker yang dimulai di usus besar atau rektum. Kedua organ ini berada di bagian bawah sistem pencernaan, dengan rektum berada di ujung usus besar.

American Cancer Society (ACS) memperkirakan bahwa sekitar 1 dari 23 pria dan 1 dari 25 perempuan berpotensi terkena kanker usus besar. 

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X