Rencana Pembukaan Bioskop di Tengah Banyaknya Kasus Tanpa Gejala di Indonesia...

Kompas.com - 27/08/2020, 08:07 WIB
Penumpang meggunakan masker saat menunggu kedatangan Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (3/8/2020). PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mencatat ada kenaikan jumlah penumpang di beberapa stasiun KRL Jabodetabek pada hari ini. Senin (3/8) pukul 07.00 WIB, total keseluruhan pengguna KRL mencapai 71.325 orang. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPenumpang meggunakan masker saat menunggu kedatangan Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (3/8/2020). PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mencatat ada kenaikan jumlah penumpang di beberapa stasiun KRL Jabodetabek pada hari ini. Senin (3/8) pukul 07.00 WIB, total keseluruhan pengguna KRL mencapai 71.325 orang.

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Satgas Covid-19 kembali mewacanakan akan segera kembali membuka operasional bioskop.

Sebelumnya, wacana ini pernah muncul pada Juli lalu. Kala itu, pemerintah juga berencana membuka bioskop pada pertengahan Juli.

Namun, rencana ini ditangguhkan karena meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia.

Kini, wacana ini dibuka kembali. Di DKI Jakarta, bioskop akan dibuka dalam waktu dekat.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengklaim, bioskop berkontribusi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Menurut Wiku, orang-orang akan merasa bahagia ketika menonton film di bioskop.

Bahagia yang muncul disebut berpengaruh pada meningkatnya imunitas tubuh yang bisa memperkecil risiko terpapar Covid-19.

Klaim ini menimbulkan pro dan kontra. Sejumlah ahli menilai, klaim imunitas ini absurd dan membuka peluang terjadinya klaster baru Covid-19.

Kekhawatiran ini beralasan karena banyaknya kasus tanpa gejala.

Pada awal Juni 2020, Achmad Yurianto, yang saat itu masih menjabat Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, mengungkapkan, orang tanpa gejala (OTG) menjadi mayoritas kasus positif di Indonesia.

Hampir 80 persen kasus positif infeksi corona yang ditemukan berasal dari orang yang tidak memiliki gejala sama sekali.

Meski menerapkan protokol kesehatan, kekhawatiran soal penyebaran virus corona dari pembukaan bioskop tetap muncul.

Apalagi, sejumlah riset menunjukkan risiko penularan virus corona di ruang tertutup dengan ventilasi yang tidak baik.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X