Besaran Bantuan di Tengah Pandemi: Kartu Prakerja, BLT UMKM, hingga Subsidi Gaji

Kompas.com - 27/08/2020, 06:30 WIB
Ilustrasi uang KOMPAS.com/NURWAHIDAHIlustrasi uang

KOMPAS.com - Pemerintah mencanangkan beberapa program bantuan uang tunai kepada masyarakat di masa pandemi virus corona.

Setidaknya ada tiga jenis program bantuan tunai yang penyalurannya akan berlangsung dan masih berjalan.

Ketiganya adalah Kartu Prakerja; bantuan langsung tunai (BLT) usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM); dan Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi yang ditujukan untuk pencari kerja hingga pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja.

Sementara, bantuan UMKM diberikan dalam rangka menyukseskan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam wujud uang tunai, dan diberikan langsung ke rekening penerima bantuan.

Kemudian, bantuan subsidi upah atau gaji diberikan pemerintah kepada karyawan swasta dan pegawai honorer dalam wujud uang tunai. Bantuan diberikan langsung ke rekening penerima.

Berapa nominal rupiah yang dikucurkan pemerintah untuk penerima masing-masing program bantuan?

Kartu Prakerja

Seperti diberitakan Kompas.com25 Agustus 2020, masing-masing penerima Kartu Prakerja nantinya akan mendapatkan Rp 3.550.000 selama menjalani program.

Jika dirinci, insentif tersebut meliputi biaya bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000 yang tak bisa dicairkan (hanya untuk biaya pelatihan).

Kemudian insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan (jika sudah menyelesaikan pelatihan), dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Kompas.com
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X