Mengenang Wiji Thukul, Aktivis yang Bersuara dengan Puisi-puisinya

Kompas.com - 26/08/2020, 20:59 WIB
Penyair Wiji Thukul Wijaya (33) Hariadi SaptonoPenyair Wiji Thukul Wijaya (33)

KOMPAS.com - Nama Wiji Thukul dikenal sebagai seniman dan aktivis. Melalui aksi dan puisi-puisinya ia selalu berusaha mengungkapkan berbagai ketidakadilan dan pengingkaran harkat dan martabat manusia.

Puisi- puisinya mengajak kaumnya masyarakat yang termarjinalisasi di Solo- untuk bangun memperjuangkan hak mereka yang asasi, hak yang mereka miliki karena mereka manusia.

Puisinya ditulis dengan bahasa yang sederhana, oleh karena itu mudah dipahami oleh orang kebanyakan. Puisinya dengan mudah menangkap nilai yang ingin dikomunikasikannya, yakni nilai-nilai kemanusiaan.

Penyair cum aktivis asal Solo, Jawa Tengah itu hilang sejak 1998. 

Hari ini, 26 Agustus 2020, pria dengan nama lengkap Wiji Thukul Wijaya itu semestinya merayakan ulang tahunnya yang ke-57.

Sayangnya, ayah dari Fajar Merah dan Fitri Nganthi Wani ini tidak diketahui apakah masih hidup atau sudah tiada.

Baca juga: Sinopsis Istirahatlah Kata-kata, Biografi Perjalanan Pelarian Wiji Thukul

Hilang

Pria kelahiran Surakarta 1963 ini dipastikan hilang setelah kabarnya tidak lagi didapatkan oleh keluarga dan rekan-rekannnya sesama aktivis dari 1998 hingga tahun 2000.

Berdasarkan pemberitaan Harian Kompas, 1 April 2000, istri dari Wiji Thukul, Dyah Sujirah alias Sipon, melaporkan hilangnya sang suami kepada Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras).

Sipon dan adik Thukul, Wahyu, mengaku terakhir kali berhubungan dengan Thukul ada 19 Februari 1998 melalui sambungan telepon.

Setelah itu, Thukul diduga menjadi salah satu korban penculikan bersama para aktivis lainnya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X