Riset: Usia Inti Bumi Jauh Lebih Muda dari yang Selama Ini Diketahui

Kompas.com - 26/08/2020, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Misteri tentang asal muasal alam semesta memang menarik untuk terus digali.

Dari mana benda-benda itu berasal, berapa banyak jumlah dan berapa besar ukurannya, hingga berapa usia mereka sejak awal penciptaan banyak menarik minat para ilmuwan untuk melakukan berbagai macam kajian.

Salah satunya tim peneliti dari University of Texas yang baru-baru ini mengeluarkan estimasi soal berapa tua usia inti Bumi dengan cara membuat kondisi yang serupa dengan pusat Bumi dari dalam ruang laboratorium.

Dilansir dari CNN, setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 2 tahun untuk bisa mendapatkan hasil yang sesuai.

Mereka membuat ulang kondisi ini dengan memeras sampel besi yang dipanaskan menggunakan laser di antara dua berlian sebagai landasannya.

Besi merupakan komponen utama dari inti Bumi.

Hasilnya, para peneliti memperkirakan usia inti Bumi antara 1-1,3 miliar tahun, perkiraan usia ini ada di bawah spektrum usia yang diyakini sebelumya yang diperkirakan berusia antara 1,3-4,5 miliar tahun.

Baca juga: Kali Pertama, Peneliti Pastikan Inti Bumi Memang Padat, tetapi...

Cara kerja inti bumi

Hasil dari penelitian ini diterbitkan awal Agustus 2020 di Physical Review Journals, berupa jurnal peer-review dari American Physical Society.

Percobaan lab yang dilakukan para peneliti itu juga sekaligus memberi gambaran lebih jelas bagaimana inti Bumi menghantarkan panas dan menjadi sumber energi yang menggerakkan geodinamo Bumi.

Geodinamo Bumi merupakan mekanisme yang menopang medan magnet Bumi yang membuat planet ini terlindung dari sinar kosmik berbahaya dan membantu alat penunjuk arah atau kompas mengarah ke utara.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.