Ilmuwan Hong Kong Laporkan Kasus Infeksi Ulang Virus Corona

Kompas.com - 25/08/2020, 08:20 WIB
Ilustrasi pasien virus corona, pasien Covid-19 ShutterstockIlustrasi pasien virus corona, pasien Covid-19

KOMPAS.com - Peneliti di Hong Kong melaporkan sebuah kasus pada seorang pria sehat berusia 30-an yang mengalami infeksi ulang virus corona.

Infeksi ulang itu terjadi empat setengah bulan setelah pria itu dinyatakan sembuh dari infeksi pertama yang dia alami.

Melansir BBC, Selasa (25/8/2020) hasil analisis sekuens genom menunjukkan bahwa dua strain virus yang diambil dari tubuh pria itu dipastikan berbeda. Sehingga, kasus ini menjadi infeksi ulang pertama di dunia yang berhasil dibuktikan.

Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan semua pihak untuk tidak tergesa-gesa menarik kesimpulan hanya dari satu kasus saja.

Para pakar juga mengatakan bahwa infeksi ulang kemungkinan adalah kejadian langka dan bisa jadi tidak sepenuhnya serius.

Baca juga: Korea Selatan Laporkan Dugaan Infeksi Ulang Virus Corona, WHO: Kami Belum Tahu

Imunitas masih belum diketahui

Melansir Worldometers, Selasa (25/8/2020) total kasus infeksi virus corona di seluruh dunia telah mencapai lebih dari 23 juta kasus.

Mereka yang pernah terinfeksi virus corona, diketahui mengembangkan sistem imun sebagai respons tubuh dalam melawan virus, yang juga mencegah terjadinya infeksi ulang.

Respon sistem imun yang paling kuat telah ditemukan pada pasien-pasien yang mengalami sakit sangat parah. Namun, belum diketahui seberapa kuat imunitas ini, atau seberapa lama ia bertahan.

WHO mengatakan, diperlukan studi yang mendalam terhadap orang-orang yang pernah terinfeksi untuk mendapatkan pemahaman lebih lengkap.

Kasus infeksi ulang ini dilaporkan oleh Universitas Hong Kong, dan akan dipublikasikan di Clinical Infectious Diseases.

Baca juga: Antibodi terhadap Covid-19 Menurun, Studi Inggris Ungkap Potensi Infeksi Ulang

Halaman:

Sumber BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X