Studi: Virus Corona Bisa Bertahan pada Daging dan Ikan Beku hingga Tiga Minggu

Kompas.com - 24/08/2020, 19:27 WIB
Ilustrasi virus corona, Covid-19 ShutterstockIlustrasi virus corona, Covid-19

KOMPAS.com - Sebuah studi baru menyebutkan bahwa virus corona bisa bertahan hidup pada daging dan ikan beku hingga waktu tiga minggu.

Dikutip dari Telegraph, (22/8/2020), penelitian itu dilakukan pada potongan ikan salmon, ayam, dan babi kemudian ditambahkan sampel virus corona SARS-CoV-2.

Para peneliti menginokulasi 500 kubus kecil salmon, ayam dan babi dari supermarket di Singapura dengan memberinya dosis partikel virus SARS-CoV-2.

Daging kemudian disimpan pada 3 temperatur yang berbeda, yaitu 4 derajat celcius, (pendinginan) minus 20 derajat celcius, dan minus 80 derajat celcius.

Setelah daging dicairkan, para ilmuwan menemukan bahwa virus masih ada pada sampel setelah 21 hari.

Baca juga: Otoritas China Klaim Temukan Virus Corona pada Sayap Ayam Impor dari Brazil

Dugaan munculnya kasus

Mereka sekarang memperingatkan bahwa temuan itu mungkin menjelaskan wabah di negara-negara yang tidak melaporkan kasus virus corona dalam waktu lama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Penjelasan diperlukan untuk munculnya kembali wabah Covid-19 di wilayah dengan pemberantasan lokal yang jelas," kata studi yang diterbitkan BioRxiv itu.

"Wabah baru-baru ini telah muncul di Vietnam, Selandia Baru dan sebagian China di mana tidak ada kasus infeksi selama beberapa bulan," sambungnya.

Para peneliti berhipotesis, pekerja di pabrik pengolahan daging berpotensi menjadi vektor penyebaran virus.

Artinya, ada potensi penyebaran virus melalui pergerakan barang yang terkontaminasi ke wilayah tanpa Covid-19 dan memunculkan wabah baru.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.