Starbucks di Korea Selatan Jadi Klaster Baru Covid-19, Ini Dugaan Penyebarannya...

Kompas.com - 24/08/2020, 17:05 WIB
Starbucks Ginza di Tokyo yang menyediakan kapsul kerja. Dok. Soranews24Starbucks Ginza di Tokyo yang menyediakan kapsul kerja.
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Minum kopi di kedai sudah menjadi kebiasaan sebagian warga Korea Selatan.

Dilansir Yonhap News Agency, kebiasaan yang masih dilakukan di tengah pandemi virus corona tersebut kini malah memunculkan klaster baru pada kedai Starbucks di Kota Paju, utara Seoul.

Hingga 19 Agustus 2020, otoritas setempat mengungkapkan, sebanyak 55 kasus Covid-19 terhubung dengan Starbucks di Paju.

Selain klaster Starbucks, awal bulan Agustus, otoritas kesehatan setempat juga mengidentifikasi lebih dari 15 kasus Covid-19 yang berkaitan dengan gerai kopi Hollys di daerah Gangnam, Seoul selatan.

Ruang ber-AC

Menurut pejabat kesehatan Paju, klaster tersebut dimulai saat seorang pasien yang terinfeksi virus corona meminum kopi di Starbucks tersebut.

Ia duduk di dekat AC di lantai dua kafe tersebut. Diduga penularan ke orang lain melalui transmisi aerosol.

"Banyak pengunjung tidak memakai masker, dan tampaknya tidak ada ventilasi udara yang baik di kafe, meskipun AC beroperasi karena cuaca lembap," kata Kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (KCDC) Korea, Jeong Eun.

Baca juga: 10 Negara di Asia dengan Kasus Corona Terbanyak, Indonesia Urutan 9

Dia melanjutkan, jika infeksi tidak terjadi melalui transmisi aerosol, kemungkinan menyebar melalui transmisi droplet di ruang tertutup.

Virus corona, ia mengatakan, kemungkinan menyebar lewat kontak tangan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X