Kompas.com - 23/08/2020, 20:05 WIB
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) LIPILembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

KOMPAS.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada hari ini, Minggu (23/8/2020) merayakan hari kelahirannya yang ke-53.

Hal tersebut diketahui dari unggahan foto di akun Instagram resmi LIPI.

Lantas bagaimana sejarah dan sepak terjang LIPI selama ini?

Melansir laman resmi LIPI, Minggu (23/8/2020) pembentukan LIPI memiliki sejarah yang panjang, dan diawali dengan pembentukan serta peleburan lembaga-lembaga ilmiah yang lebih dulu didirikan.

Baca juga: Mengenal Cordyceps Militaris, Obat Herbal LIPI yang Diujikan pada Pasien Covid-19

Diawali pada 1956, setelah melewati beberapa fase kegiatan ilmiah sejak abad ke-16, pemerintah Indonesia membentuk Majelis Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) melalui Undang-Undang (UU) No. 6 Tahun 1956.

Tugasnya adalah membimbing perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memberi pertimbangan kepada pemerintah dalam hal kebijaksanaan ilmu pengetahuan.

Pada 1962, pemerintah membentuk Departemen Urusan Riset Nasional (Durenas) dan menempatkan MIPI di dalamnya dengan tugas tambahan membangun dan mengasuh beberapa lembaga riset nasional. Hingga pada tahun 1966, status Durenas menjadi Lembaga Riset Nasional (Lemranas).

Baca juga: Mengenal Hand Sanitizer LIPI, Berkadar Alkohol 65 Persen dan Dibuat Terbatas

Pembentukan LIPI

Mengutip Harian Kompas, Senin (9/10/1967) dengan Surat Keputusan Presiden No. 128 Tahun 1967, Presiden Soeharto menetapkan pembentukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Lembaga ini merupakan badan pusat yang merupakan peleburan dari Lemranas dan MIPI. Peleburan kedua lembaga itu menjadi LIPI juga diatur melalui Keputusan Pimpinan MPRS No. 18 Tahun 1967.

Kemudian, dikeluarkan pula Keputusan Presiden No. 161 Tahun 1967 yang menetapkan Prof. Dr Sarwono Prawirotahardjo sebagai Ketua LIPI.

Baca juga: Ramai soal Buaya Raksasa di Bangka Belitung, Ini Penjelasan LIPI

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.