China Setujui Uji Vaksin Corona yang Dikembangkan pada Sel Serangga ke Manusia

Kompas.com - 23/08/2020, 18:31 WIB
Ilustrasi vaksin corona ShutterstockIlustrasi vaksin corona

KOMPAS.com - China telah menyetujui uji coba kepada manusia untuk vaksin virus corona potensial yang telah dikembangkan sebelumnya dalam sel serangga.

Melansir Straits Times, Sabtu (22/8/2020), keterangan ini disampaikan oleh pemerintah lokal di kota Chengdu.

Menurut pemerintah Kota Chengdu, dengan menggunakan sel serangga untuk menumbuhkan protein dari vaksin virus corona (pertama di China), produksi skala besar dapat dipercepat. 

Vaksin ini dikembangkan oleh West China Hospital Sichuan University di Chengdu.

Administrasi Produk Medis Nasional telah memberikan persetujuan vaksin tersebut untuk masuk ke tahap uji coba klinis.

Saat diujicobakan ke monyet, vaksin ini disebut menunjukkan kemampuannya untuk mencegah infeksi SARS-CoV-2, tanpa efek samping yang terlihat mencolok.

Baca juga: Uji Klinis Fase 3 Baru Dimulai, Kenapa 50 Juta Bulk Vaksin Covid-19 Sudah Mulai Diterima November?

Hingga kini, para ilmuwan China tengah melakukan penelitian dan pengembangan pada delapan vaksin potensial lainnya untuk virus corona.

Adapun, vaksin-vaksin tersebut tengah menjalani fase-fase pengujian yang berbeda dari uji coba klinis.

Pihak asing, termasuk BioNTech Jerman dan Inovio Pharma dari Amerika Serikat (AS), juga turut serta bekerja sama dengan firma lokal untuk menguji vaksin eksperimentalnya di China.

Sebagaimana diketahui, berbagai pihak dan negara memang tengah berlomba-lomba untuk mengembangkan vaksin untuk mengakhiri pandemi virus corona.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X