Unik! Fasilitas Ini Jadi Solusi Orang yang Biasa Kencing Sembarangan

Kompas.com - 22/08/2020, 20:15 WIB
Tangkapan layar akun instagram Green Pee, fasilitas kencing di tempat umum di Belanda screenshootTangkapan layar akun instagram Green Pee, fasilitas kencing di tempat umum di Belanda

KOMPAS.com - Salah satu masalah klasik yang dimiliki oleh kota-kota besar di berbagai negara adalah susah mencari toilet di tempat-tempat umum. 

Sehingga kadang menjadikan sejumlah orang buang air kencing sembarangan.

Perilaku ini tentu mengganggu kota yang sudah tertata dengan cantik dan rapi, karena bau tidak sedap yang sangat khas dan menyengat.

Hal ini juga ternyata terjadi di ibu kota Belanda, Amsterdam.

Namun, pemerintah kota tersebut memiliki cara unik untuk mengatasi permasalahan yang satu ini.

Fasilitas kencing

Melansir CNN, Jumat (21/8/2020) pemerintah Amsterdam menyiasati masalah lama ini dengan cara membuat suatu fasilitas yang bisa digunakan untuk buang air, namun juga memperindah tampilan kota.

Fasilitas itu dipasang di delapan titik berbeda di penjuru kota, di mana aktivitas kencing sembarang tempat masih sering ditemukan.

https://twitter.com/TravelGumbo/status/1296147165836800000

Baca juga: Unik! Toilet Umum Tembus Pandang di Jepang, Berani Coba?

Memiliki tinggi sekitar 1 meter berbahan alumunium dan ditumbuhi tanaman hijau di bagian atasnya, fasilitas ini disebut sebagai The urinals produce organic fertilizer and clean water atau banyak juga disebut sebagai GreenPee.

Dewan lokal menyebut di dalam alat itu terdapat rami yang akan menyerap dan memproses air kencing yang tertampung.

Oleh karena bagian atasnya difungsikan sebagai tempat tanaman, maka alat ini terlihat seperti tanaman-tanaman penghias kota pada umumnya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X