Bisakah Asap Rokok Menularkan Virus Corona pada Perokok Pasif?

Kompas.com - 22/08/2020, 19:05 WIB
Ilustrasi merokok Ingram PublishingIlustrasi merokok

 

KOMPAS.com – Salah satu cara penularan virus corona adalah melalui kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi.

Virus corona diketahui dapat menular melalui paparan droplet atau tetesan pernapasan yang dikeluarkan oleh penderita Covid-19 saat seseorang batuk, bersin, juga bicara.

Lantas, jika seseorang melintas dan menghirup asap rokok orang lain mungkinkah hal tersebut juga dapat menularkan virus?

Mengutip Washington Post (21/8/2020), hanya ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa asap dapat membawa virus corona, tapi para peneliti dan para dokter mengatakan mencium bau rokok seseorang adalah tanda peringatan bahwa seseorang menghirup udara yang ada di paru-paru orang lain.

Baca juga: Vaksin Corona dari Oxford Dinilai Aman, Dijanjikan Siap pada September

Profesor Teknik Kimia di Universitas California yang meneliti perpindahan patogen, William Ristenpart mengatakan, partikel asap tidak mungkin membawa virus yang kemudian dapat menginfeksi orang lain.

Menurutnya, hal itu karena bisa saja panas dari rokok mungkin akan membunuh virus.

Selain itu menurutnya sebagian besar partikulat asap masuk ke paru-paru tidak pernah mengenai apa pun saat kemudian diembuskan.

Baca juga: Mengenal EVALI, Penyakit Paru Misterius akibat Rokok Elektrik

Penyebaran super

Ilustrasi merokok, bahaya rokok.Shutterstock Ilustrasi merokok, bahaya rokok.

Akan tetapi, pihaknya mengatakan, tetap ada alasan untuk khawatir mengenai penularan jika seseorang mencium bau asap rokok.

Kekhawatiran tersebut yakni, adanya partikel pernapasan yang menyertai seseorang ketika ia merokok.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X