Kompas.com - 18/08/2020, 20:29 WIB
Ilustrasi Taman Nasional Death Valley di AS, tempat dengan suhu terpanas di Bumi Shutterstock/Ernst PrettenthalerIlustrasi Taman Nasional Death Valley di AS, tempat dengan suhu terpanas di Bumi

KOMPAS.com - Wilayah bumi memiliki cuaca dan suhu yang berbeda-beda, tergantung dengan letak koordinat dan musim yang sedang terjadi.

Tingkat suhu itu beragam, mulai dari yang menyebabkan beku, hingga panas membara.

Dilansir CNN, Selasa (18/8/2020), titik terpanas planet ini terletak di Taman Nasional Death Valley yang terletak di dua negara bagian Amerika Serikat (AS), yakni California dan Nevada.

Taman nasional ini diketahui merupakan wilayah dengan posisi terrendah di seluruh dunia. Death Valley juga dikenal sebagai TN yang paling kering dengan suhu paling panas.

Bahkan, pada Minggu (17/8/2020), di area ini tercatat suhu di angka 130 derajat fahrenheit atau 54,4 derajat celcius.

Pemandangan matahari terbenam di Taman Nasional Death Valley, ASShutterstock/Irina Sen Pemandangan matahari terbenam di Taman Nasional Death Valley, AS

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Informasi ini datang dari Badan Cuaca Nasional AS (NWS).

Ini bisa jadi merupakan temperatur terpanas dari Bumi yang tercatat sejak 1913, atau lebih dari 100 tahun yang lalu.

Sebelumnya, lebih dari 100 tahun lalu, rekor suhu tertinggi tercatat ada di angka 134 derajat fahrenheit atau 56,67 derajat celcius yang juga terjadi di Death Valley.

Cuaca panas juga masih terjadi di hari selanjutnya, untuk itu NWS memperingatkan masyarakat yang tinggal di sisi timur California, Nevada, Arizona, dan Utah membatasi kegiatan luar ruangan mereka.

Pembatasan ini khususnya dilakukan antara pukul 17.00-20.00 malam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X