Uang Baru Rp 75.000 Banyak Diburu, Apa Keistimewaannya Menurut Kolektor?

Kompas.com - 18/08/2020, 19:23 WIB
Uang Baru Rp 75.000 spesial HUT ke-75 Kemerdekaan RI Bank IndonesiaUang Baru Rp 75.000 spesial HUT ke-75 Kemerdekaan RI

KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menerbitkan uang baru pecahan Rp 75.000 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia.

Rupiah seri khusus ini berbentuk uang kertas, berbeda dengan edisi khusus HUT ke-25 RI dan HUT ke-50 RI yang berbentuk koin.

Berdasarkan situs resmi BI, dijelaskan penerbitan uang Rp 75.000 tahun emisi 2020 sebagai wujud ungkapan syukur dan berbagai kebahagiaan kepada rakyat Indonesia.

Uang kertas pecahan Rp 75.000 ini juga disebut sebagai uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI. Uang dicetak terbatas, yakni 75 juta lembar.

Uang edisi khusus ini pun memperoleh respons yang positif dari masyarakat, bahkan jadwal penukaran uang hingga bulan depan sudah penuh.

Misalnya, jadwal penukaran uang di Kantor Pusat Bank Indonesia, MH Thamrin, Jakarta Pusat, yang sudah penuh hingga 3 September mendatang. 

Apa keistimewaan uang seri khusus HUT ke-75 RI ini?

Keistimewaan uang Rp 75.000

Melihat fenomena ini, Kompas.com pun berbincang dengan seorang kolektor uang kuno asal Solo bernama Aliung, Selasa (18/8/2020).

Menurut Aliung, sebagian orang memang memburu uang-uang edisi khusus atau dengan nomor cantik.

"Sebagian kolektor memang memburu uang bernomor seri cantik. Itu memiliki harga lebih ya," jelas Aliung.

Baca juga: Begini Cara Bedakan Uang Rupiah Rp 75.000 Asli atau Palsu

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X