Penjelasan Sederhana soal Keampuhan Masker Mencegah Virus Corona

Kompas.com - 17/08/2020, 14:15 WIB
Petugas medis menggunakan masker saat wabah flu spanyol di awal abad 19 shutterstockPetugas medis menggunakan masker saat wabah flu spanyol di awal abad 19

KOMPAS.com - Pemakaian masker wajah adalah salah satu cara yang direkomendasikan untuk mengurangi risiko penularan virus corona penyebab Covid-19.

Seperti diketahui, penyakit yang disebabkan oleh virus corona SARS-CoV-2 ini bisa menular melalui droplet, dan juga udara.

Oleh karena itu pemakaian masker menjadi salah satu cara pencegahan yang dianjurkan berbagai lembaga kesehatan.

Di antaranya seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular AS (CDC), dan juga Kementerian Kesehatan Indonesia.

Namun, masih ada sebagian masyarakat yang belum memahami pentingnya memakai masker. Sebagian juga menganggap masker tidak berdampak untuk mencegah penularan.

Apakah benar demikian?

Berikut penjelasan ilmiah sederhana tentang efektifitas masker dalam mencegah penularan Covid-19 dilansir dari Healthline, Minggu (16/8/2020).

Baca juga: Simak, Ini Kriteria Ideal Masker Kain 3 Lapis Rekomendasi WHO

Melindungi dari droplet

Menurur Dr. MeiLan Han, pakar kesehatan di Universitas Michigan, AS, penularan virus corona terjadi melalui droplet yang dikeluarkan saat seseorang berbicara, bersin, atau batuk.

Jika droplet ini mengenai mulut atau hidung orang yang ada di sekitar, atau terhirup oleh paru-paru, seseorang dapat terinfeksi oleh virus corona.

Masker menjadi pelindung fisik yang berguna mencegah droplet masuk ke tubuh, dan mengurangi penyebarannya di udara.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X