Data Awal, Ada 15,7 Juta Pekerja Calon Penerima Subsidi Gaji Rp 600.000

Kompas.com - 17/08/2020, 13:05 WIB
Ilustrasi gaji, upah, rupiah ShutterstockIlustrasi gaji, upah, rupiah

KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyebutkan, hingga saat ini ada 12 juta nomor rekening pekerja yang terdata oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan untuk menerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau bantuan karyawan.

Hal itu disampaikannya melalui keterangan tertulis, Minggu (16/8/2020).

Mereka yang terdata adalah pekerja yang aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan bergaji di bawah Rp 5 juta.

"Sekarang Alhamdulillah teman-teman pekerja kita yang menjadi peserta BPJS (Ketenagakerjaan) datanya sudah 12 juta nomor rekening sudah masuk," kata Ida.

Rencananya, data-data ini nantinya akan disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 25 Agustus 2020.

Data awal 15,7 juta orang pekerja

Sementara itu, saat dikonfirmasi terpisah, Minggu (16/8/2020) malam, Deputi Direktur Humas dan Antarlembaga BPJS Ketenagakerjaan Irvansyah Utoh Banja membenarkan jumlah rekening yang sejauh ini telah terkumpul ada di kisaran 12 juta.

Namun, jika mengacu pada data awal yang dimiliki oleh BPJS Ketenagakerjaan, ada sekitar 15,7 juta pekerja calon penerima bantuan subsidi upah.

"Proses pengumpulan nomor rekening oleh BPJAMSOSTEK masih berjalan. Berdasarkan data awal BPJAMSOSTEK, (terdapat) sebanyak 15,7 juta calon penerima BSU," kata Utoh.

Nomor-nomor rekening itu merupakan milik pekerja yang sesuai dengan kriteria yang diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 14 Tahun 2020.

Baca juga: Update Bantuan Karyawan Rp 600.000: 6 Syarat Penerima hingga Pencairan Akhir Agustus

Misalnya, WNI yang memiliki NIK, aktif terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan pada Juni 2020, gaji tercatat di bawah Rp 5 juta, dan memiliki rekening bank.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X