Viral Foto Pendaki Gunung Lawu Padati Jalur Pendakian Cemoro Sewu

Kompas.com - 16/08/2020, 17:29 WIB
Tangkapan layar suasana jalur pendakian Cemoro Sewu di Gunung Lawu. Instagram @pendakilawasTangkapan layar suasana jalur pendakian Cemoro Sewu di Gunung Lawu.
|

KOMPAS.com - Unggahan foto mengenai ramainya jalur pendakian Cemoro Sewu di kawasan Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur, pada Minggu (16/8/2020), dibagikan warganet di media sosial Instagram.

Salah satunya diunggah akun Instagram @pendakilawas. Berikut keterangan yang diberikan dalam foto unggahannya:

Cemoro sewu pagi tadi
.
Tanggapannya gaes!
.
Foto: Agoes Mustofa Ibnue (FB)
.
#pendakilawas #lawu”

Postingan tersebut hingga pukul 16.00 WIB telah disukai lebih dari 10 ribu pengguna.

Sejumlah warganet memberikan komentarnya, salah satunya musisi Fiersa Besari.

“Enggak perlu masuk desak-desakan. 17 Agustusan bisa di kota masing-masing. Selain bahaya satu sama lain, juga larangan kelestarian alamnya,” tulisnya.

Baca juga: Antisipasi Pendaki 17 Agustus, Harga Simaksi Gunung Lawu via Cemara Sewu Naik dan Kuota Dibatasi

Konfirmasi

Mandor Wisata Cemoro Sewu, Perhutani BKPH Lawu Ds, Paijo, membenarkan foto yang beredar memang merupakan keramaian yang terjadi hari ini, Minggu (16/8/2020), di jalur pendakian Cemoro Sewu.

“Ya hari ini tadi pagi,” ujar Paijo saat dikonfirmasi Kompas.com Minggu (16/8/2020).

Pihaknya menjelaskan, pendaki dalam gambar tersebut merupakan para pendaki yang datang kemarin, akan tetapi karena kuota penuh akhirnya diberangkatkan pagi ini.

“Tadi pagi, pendakian yang kemarin kita pending di Cemoro Sewu. Yang kemarin kuotanya 800, melebihi target. Baru tadi pagi jam 07.00 langsung naik,” jelasnya.

Paijo menjelaskan pada Sabtu (15/8/2020), setidaknya ada sekitar 200 orang pendaki yang gagal naik ke Gunung Lawu dan baru bisa naik pagi ini.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X