Diserang Hiu Saat Berenang di Laut, Bagaimana Cara Selamatkan Diri?

Kompas.com - 16/08/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi serangan hiu. ShutterstockIlustrasi serangan hiu.

KOMPAS.com - Berenang di lautan memiliki risiko tersendiri, selain terbawa arus dan tenggelam, di perairan terbuka kita juga bisa dihampiri bahkan diserang oleh predator laut, hiu.

Misalnya pengalaman seorang perempuan di Australia, Chantelle Doyle (35) yang diserang hiu saat ada di perairan Shelly Beach, Port Macquarie.

Namun, berkat aksi yang dilakukan oleh suaminya, yakni turun langsung dan memukul-mukul hiu berukuran kurang lebih 3 meter yang menyerang Doyle, akhirnya hiu itu melepaskan cengkeramannya.

Sang istri pun dapat diselamatkan dan dilarikan ke rumah sakit, meskipun mengalami luka di bagian kakinya.

Baca juga: Aksi Heroik dari Seorang Suami Demi Selamatkan Istrinya dari Serangan Hiu

Berkaca dari kejadian itu, sebenarnya adakah cara yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan diri dari serangan hiu atau melawannya?

Melansir CNN, terdapat beberapa cara untuk meminimalisir risiko kita diserang dan menjadi mangsa dari hiu.

Jadilah "Bigger Man"

Berdasarkan keterangan dari ahli hiu, pemimpin International Shark Attack File, George Burgess hiu menghargai ukuran dan kekuatan.

Jadi, ketika kita melihat hiu dan berpikir dia akan melakukan serangan, kita harus memposisikan diri agar terlihat lebih besar dan berani.

Jika ia mendekat, pukul lah bagian hidungnya. Pukulan di area itu akan mengagetkannya.

Teruslah bergerak

Burgess menyarankan agar kita jangan berhenti bergerak, apabila sudah berada di rahang seekor hiu, entah itu hiu putih, hiu banteng, atau hiu macan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X