Kompas.com - 16/08/2020, 08:30 WIB
Foto yang diambil dan disediakan oleh Eric Villars ini menunjukkan kebocoran minyak dari MV Wakashio, kapal kargo curah yang kandas di lepas pantai tenggara Mauritius, Jumat (7/8/2020). Pemerintah Mauritius telah mengumumkan keadaan darurat lingkungan dan Prancis telah mengirimkan bantuan. AP Photo/Eric VillarsFoto yang diambil dan disediakan oleh Eric Villars ini menunjukkan kebocoran minyak dari MV Wakashio, kapal kargo curah yang kandas di lepas pantai tenggara Mauritius, Jumat (7/8/2020). Pemerintah Mauritius telah mengumumkan keadaan darurat lingkungan dan Prancis telah mengirimkan bantuan.

KOMPAS.com - Sebuah kapal tanker minyak milik Jepang dilaporkan menghantam karang di lepas Pantai Mauritius pada 25 Juli 2020.

Kapal yang membawa hampir 4.000 metrik ton minyak itu kandas di dekat Pointe d'Esny di Samudera Hindia.

Lebih dari 1.000 ton minyak dilaporkan bocor dari retakan di lambung kapal. Hal itu membuat Pemerintah Mauritius mengumumkan keadaan darurat lingkungan.

Untuk menangani masalah itu, ada sejumlah cara yang biasa dilakukan.

Dilansir dari DW, Rabu (12/8/2020), metode penanganan tumpahan minyak bergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis dan volume minyak, lokasi, serta kondisi cuaca.

Karena memiliki massa jenis lebih rendah dari air, minyak biasanya mengapung di permukaan laut.

Artinya, langkah pembersihan harus diambil dengan cepat sebelum menyebar lebih luas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bencana Minyak Tumpah Mauritius, Hewan Laut Mulai Mati

Mengambil minyak dari permukaan

Salah satu metode untuk mengendalikan tumpahan minyak di laut adalah dengan mengambilnya dari permukaan air.

Metode ini telah digunakan pada kasus tenggelamnya kapal kargo Grande Amerika pada 2019 di sekitar 300 kilometer dari lepas pantai Perancis.

Metode ini dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut boom. Alat itu berfungsi sebagai penghalang minyak agar tidak menyebar.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.